Ragam Respon Warga di Pekanbaru Terima ‘Santunan Masker’, IZI Riau: Mereka Masih Percaya Corona Tak Ada

Kamis, 24 September 2020 18:57
Ragam Respon Warga di Pekanbaru Terima ‘Santunan Masker’, IZI Riau: Mereka Masih Percaya Corona Tak Ada
Relawan IZI Riau bagikan masker kepada warga di Pekanbaru.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau membagikan masker sekaligus edukasi warga di Pekanbaru mengenai Covid-19.

Jumlah kenaikan kasus suspek Covid-19 di Propinsi Riau alami  kenaikan setiap harinya, Per 22 September 2020 ada 203 kasus baru terkonfirmasi. 

Advertisement

“Kami berharap dengan membagikan masker, warga setidaknya sadar bahwa jumlah kasus terpapar corona di Riau saat ini sangat tinggi,” ungkap Relawan IZI Riau Mirna kepada Bertuahpos.com.

Menurutnya, IZI Riau menyadari bahwa kepedualian bersama antar masyarakat di tengah wabah ini harus dibangun secara bersama.

Baca: Dikalahkan Kolonel 29 Tahun Jadi Panglima TKR, Apa Reaksi Letjen Oerip Soemihardjo?

“Semua dari kita sudah tahun kalau masker salah satu item penting dalam mencegah penularan virus corona. Masker ini juga reusable ya, sehingga bisa dipakai ulang,” jelasnya.

Tak hanya bagikan masker, Relawan IZI Riau juga mengedukasi masyarakat terkait penggunaan masker. Saat beraktivitas di luar rumah, masih banyak warga tidak paham penggunaan Masker secara baik dan benar.

“Waktu di lapangan, kita  jumpai beberapa masyarakat yang bilang tidak nyaman pakai Masker jadi Maskernya di gantung di leher, padahal kalau begitu maskernya terkontaminasi, bahkan ada yang sampai di lepas,” ungkap Mirna.

Bertuahpos.com juga bercerita dengan relawan IZI Riau lainnya, Amel. Fakta di lapangan didapat, bahwa respon warga saat diberikan masker sangat beragam. 

“(Warga) ada yang menerimanya dengan senang hati, ada juga yang menerima saja tetapi tidak peduli saat kami memberikan edukasi tentang wabah ini,” ungkapnya. “bahkan ada pula mereka yang tidak mau menerima masker sama sekali. Bahkan ada dari mereka yang mengatakan bahwa corona itu tidak ada.”

Tapi, respon positif diutarakan oleh Farida, seorang pemulung yang mendapatkan masker dari pemberian IZI Riau. “Saya menerimanya dengan senang hati,” ujarnya. “Semoga donatur selalu diberikan kemudahan dan  kelancaran dalam segala urusannya.”

Selama kegiatan penyaluran Masker Reusable dan Edukasi berlangsung, Relawan IZI dapatkan berbagai macam reaksi, reaksi ini muncul karena beberapa masyarakat mengaku tidak percaya dengan Pandemi ini. (mg5)

Berita Terkini

Minggu, 25 Oktober 2020 17:08

Kalah di El Clasico, Ronald Koeman Serang Wasit

#ELCLASICO

Minggu, 25 Oktober 2020 15:01

Sejarah Tanah Jantan, Kepulauan Meranti

#MERANTI

Minggu, 25 Oktober 2020 13:29

Prabowo Jumpai Menhan Turki Bahas 4 Topik Penting

#prabowo

Minggu, 25 Oktober 2020 10:01

Kaum Muslimin, Janganlah Terpedaya Harta Kekayaan

#ISLAMPEDIA

Minggu, 25 Oktober 2020 09:31

Silahkan, Nikmati Surga Telaga di Gunung Talamau Sumbar

#gunungtalamau #sumbar

Minggu, 25 Oktober 2020 09:04

Wijatmoko Kembali Pimpin Apindo Riau 5 Tahun Kedepan

#apindoriau #ketuaapindoriau

Minggu, 25 Oktober 2020 09:03

Ini Tips Hijab yang Stylish, Tapi Simpel

LIFESTYLE