Siapkan Generasi Milenial Terjun ke Dunia Kerja, SMK 3 Pekanbaru Gelar Pameran dan Bazar

Rabu, 12 Februari 2020 12:03

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tantangan dunia kerja yang kian beragam membuat generasi milenial harus mampu bersaing dengan skill. Apalagi dunia digital kian menuntut kemampuan untuk tampil beda saat mereka terjun ke dunia kerja.

“Inilah yang akan kami persiapkan. Para siswa sebelum mereka benar-benar terjun ke dunia kerja kami persiapkan bekal mereka dengan mengasah keterampilan. Tujuannya agar para siswa ini mampu mengasah keterampilan dan berinovasi dengan karya-karya mereka,” kata Ketua Komite SMK 3 Pekanbaru, Ondi Sukmara, Rabu, 12 Februari 2020.

Acara bazar dan pameran ini meliputi ragam hasil karya siswa, seperti desainer, produksi souvernir, tata boga, dan lain-lain. Kegiatan ini memadukan hasil karya siswa dalam bentuk produk sesuai dengan kondisi kekinian untuk menjawab tantangan industri 4.0.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudiyanto mengungkapkan sejauh ini perkembangan produk dan keterampilan yang dihasilkan siswa cukup baik. “Yang kami lihat memang siswa-siswa dipersiapkan untuk mengasah skill mereka. Ada banyak sekali produk yang sudah kami lihat secara langsung di sini,” katanya.

Baca: DPK Pekanbaru Siagakan 17 Armada Selama Ramadhan

Dia berharap, selain pengembangan kreatifitas siswa, para guru guja harus bisa mengimbangi dengan kondisi kekinian, sebab para siswa cenderung akan melakukan inovasi sesuai dengan apa yang sedang trend saat ini.

“Kemampuan mereka sudah sangat dekat dengan dunia kewirausahaan. Setelah ini saya yakin mereka akan mudah diterima di industri, atau sudah punya kemampuan untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Kami mengapresiasi itu,” sebutnya. (bpc3)