Ini Alasan Bupati Inhil Minta Tambahan Interchange di Proyek Jalan Tol Rengat Jambi

Selasa, 25 Agustus 2020 07:30
Ini Alasan Bupati Inhil Minta Tambahan Interchange di Proyek Jalan Tol Rengat Jambi
Ilustrasi jalan tol

BERTUAHPOS.COM PEKANBARU — Bupati Inhil HM Wardan meminta tambahan interchange (simpang susun) dalam proyek pembangunan jalan Tol Rengat Jambi.

Usulan ini sudah disampaikan Wardan ke Pemprov Riau sebelum penetapan lokasi (Penlok) dilakukan.

Advertisement

Alasan Wardan meminta tambahan  interchange tersebut, karena mempertimbangkan warga yang bermukim di Kecamatan Reteh dan Kemuning, agar tidak memutar jauh menuju jalur tol.

“Kami mengusulkan penambahan  interchange di jalan Tol Rengat Jambi di Desa Limau Manis. Simpang susun ini bisa terkoneksi langsung ke jalan provinsi,” kata Wardan dalam pertemuan sinergitas antat stakeholder di Kompleks Perkantoran Gubernur Riau, Senin, 24 Agustus 2020.

Baca: Etnis Tionghoa di Inhil Batalkan Sembahyang Kubur Akibat Corona

Dia menambahkan, letak pintu tol untuk kedua kecamatan ini sangat jauh. Sehingga masyarakat harus memutar. Dengan adanya penamnahan  interchange di Desa Limau Manis akan mendukung mobilitas masyarakat di daerah itu.

Selain Inhil, beberapa kabupaten/kota di Riau juga mengusulkan hal yang sama, baik pada ruas proyek Tol Rengat Jambi, maupun Ruas Pekanbaru Rengat.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya mengatakan, setiap usulan masuk ditampung sebagai materi pembahasan selanjutnya dengan pihak pengembang.

“Usulan ini kami terima. Nanti akan dibahas lagi. Supaya memang, tujuan tol ini agar koneksinya lebih cepat ke daerah-daerah ramai penduduk,” kata Yan Prana. (bpc2)