Perhatikan Penjelasan Berikut Sebelum Bisnis Budidaya Ikan Cupang

Sabtu, 31 Oktober 2020 16:59
Perhatikan Penjelasan Berikut Sebelum Bisnis Budidaya Ikan Cupang
Ikan Cupang. (Shutterstock @DWI YULIANTO)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Ternyata bisnis budidaya ikan cupang sangat menjanjikan. Jenis ikan hias satu ini belakangan memang semakin populer, terutama untuk segmentasi yang memang menggemari ikan hias ini untuk hiburan.

Ikan cupang tergolong jenis ikan dengan sifat sensitif dan kompleks. Meski demikian perawatannya mudah. Yang perlu diperhatikan saat melakoni budidaya ikan ini, yakni mengelola tingkat stresnya. 

Advertisement

Cenderung, tingkat stresnya akan meningkat kalau hanya untuk dieksploitasi jual-beli, tanpa mendapatkan perawatan yang baik. Ikan cupang adalah jenis ikan yang berasal dari Asia Tenggara dan sangat mudah untuk ditemukan di Indonesia dan Thailand.

Dia masuk dalam golongan ikan tropis dan mudah bertahan hidup di perairan gawa, bahkan rawa gambut sekalipun. Ikan ini memiliki keistimewaan karena memiliki alat pernafasan tambahan yakni labirin, selain bernafas dengan insang seperti kebanyakan ikan pada umumnya.

Baca: Harganya Rp182 Ribu, Deodoran Prilly Latuconsina Sudah Populer di Barat Sejak 30 Tahun Lalu

Perlu diketahui, rata-rata rentang hidup ikan cupang hanya dapat bertahan sekitar 3 sampai 4 tahun. Tetapi, pemilik harus dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang meliputi makanan, asupan cahaya, dan stimulasi mental yang tepat.

Ikan cupang juga merupakan ikan hias yang sangat agresif. Mereka terkenal suka berkelahi satu sama lainnya, sehingga tak disarankan pemilik meletakkan dua ikan cupang dalam satu wadah bersama.

Tidak hanya menjadi ikan hias, hewan yang memiliki sebutan ikan petarung ini juga kerap menjadi bahan aduan. Tak heran jika harganya dapat melambung tinggi di masyarakat jika diketahui punya riwayat hebat dalam bertarung.

Kendati demikian, harga yang telah dipatok hingga puluhan juta ini tak dapat dipukul rata dengan jenis ikan yang sama. Sebab ada faktor lain yang memengaruhi harganya. Semakin unik dan indah ikan cupang, tentu harga yang ditawarkan akan semakin mahal.

Untuk tahap awal sebelum menekuni bisnis budidaya ikan cupang, mulailah dengan mengoleksinya beberapa jenis sampai Anda benar-benar memahami karakter ikan hias ini. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 03 Desember 2020 16:44

Dituduh Langgar Sanksi PBB, Ini Bantahan China

#china #as #pbb

Kamis, 03 Desember 2020 16:23

Hampir 21 Ribu Orang di Riau Sudah Positif Corona

#corona #covid #riau

Kamis, 03 Desember 2020 14:06

Begini Gambaran Literasi dan Inklusi Asuransi di Riau

#asuransi #ojk #riau

Kamis, 03 Desember 2020 14:01

Arsenal Siap Sambut 2,000 Fans di Stadion

#ARSENAL

Kamis, 03 Desember 2020 13:38

PBB Sebut Bantuan Kemanusiaan Meningkat  di Tahun Depan Akibat Covid-19

#pbb #bantuan #kemanusian #covid-19

Kamis, 03 Desember 2020 12:32

Kemenag Riau Diminta Himbau Masyarakat Tak Rayakan Natal dan Tahun Baru 2021

#natal #tahunbari2021 #liburpanjang #liburakhirtahun