Tak Hanya Sekarang, Blusukan Raja Bahkan Sudah Ada Sejak Abad ke-14

Sabtu, 11 September 2021 19:06
Tak Hanya Sekarang, Blusukan Raja Bahkan Sudah Ada Sejak Abad ke-14

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Presiden Jokowi sempat sangat populer dengan gaya kepemimpinannya yang suka blusukan saat menjadi Gubernur DKI. Namun, ternyata Jokowi bukanlah pemimpin pertama yang suka blusukan.

Dikutip dari nu.or.id, seorang penjelajah muslim asal Maroko, Ibnu Batutah mencatat bahwa sejak zaman dahulu, sultan yang berkuasa di nusantara juga suka blusukan memeriksa keadaan rakyatnya.

Ibnu Batutah pada tahun 1345 pernah singgah di Kerajaan Samudera Pasai. Waktu itu, sultan yang berkuasa adalah Sultan Mahmud Malik Zahir (berkuasa di tahun 1326-1345).

Ibnu Batutah mencatat bahwa negeri dibawah Sultan Mahmud sangat sejahtera. Negerinya, tulis Ibnu Batutah, sangat hijau dengan kota pelabuhan yang besar dan indah.

Baca: Demokrat Kubu KLB Ajukan Pengesahan ke PTUN, Andi Arief: Siap-Siap Malu

Sultan Mahmud sendiri digambarkan Ibnu Batutah sebagai pribadi yang rendah hati. Sultan pergi salat Jumat dengan hanya berjalan kaki.

Setelah salat Jumat, sultan kemudian akan berkeliling, atau saat ini dikenal dengan blusukan, untuk memeriksa keadaan rakyatnya secara langsung.

Kesaksian Ibnu Batutah ini menunjukkan pemimpin blusukan sudah ada sejak zaman dahulu. Jangan heran jika tradisi baik ini kembali dicontoh oleh pemimpin-pemimpin saat ini. (bpc4)