Soal Proposal Dana Hibah AS, ‘Kebetulan Riau Lebih Fokus ke Infrastruktur’

Rabu, 06 Oktober 2021 15:10
Soal Proposal Dana Hibah AS, ‘Kebetulan Riau Lebih Fokus ke Infrastruktur’
Jembatan Siak IV di Pekanbaru (Foto: @bertuahpos/Melba)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU  — Kementerian PPN/Bappenas mencatat proposal usulan program dari Riau untuk mendapatkan dana hibah dari Millenium challenge corporation (MCC)—lembaga hibah dari Amerika Serikat (AS)—lebih fokus pada perbaikan infrastruktur.

Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Hariyoga Djojokusumo mengungkapkan, dalam proposal tersebut, arah perbaikan infrastruktur yang diajukan oleh Gubernur Riau Syamsuar menekankan pada kegiatan perekonomian masyarakat.

“Misalnya, kawasan industri dan ada sejumlah kriteria diharapkan bisa dipenuhi. Sehingga nanti provinsi Riau ini bisa mendapatkan alokasi dukungan pendanaan yang memadai,” ungkapnya, Selasa, 5 Oktober 2021.

Dia menambahkan, dari semua usulan program infrastruktur dalam proposal tersebut, dibernarkannya, beberapa masih perlu penyesuaian sebab tak sesuai kriteria sebagai pihak penerima hibah. 

Baca: Anggaran Pencegahan Covid-19 di Riau Belum Maksimal

“Tapi nanti program-program itu tentunya lebih cocok didukung program yang lain. Jadi memang masih perlu disesuaikan,” ujarnya.

Diketahui, besaran dana hibah yang diajukan Pemprov Riau ke MCC sebesar Rp4 triliun. Dana tersebut selain untuk infrastruktur, juga akan dimanfaatkan untuk permodalan UMKM. 

Himawan Hariyoga Djojokusumo yang juga sebagai Ketua Tim Pengarah Persiapan dan Pengembangan Compact-2 itu menambahkan, pihaknya sudah mengadakan pertemuan untuk membahas lebih detail program-program yang telah usulkan tersebut.

Menurutnya, Riau merupakan satu dari 5 lokasi di Indonesia yang masuk dalam program untuk mendapatkan dana hibah tersebut. 

“Pak Gubernur sejauh ini aktif mengawal proposal ini dari awal supaya Riau masuk dalam kriteria compact-2 dari Amerika,” sambungnya. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 28 Oktober 2021 20:19

Video: Suasana di Kantor Kejari Kuansing Sempat Memanas, PH Desak Indra Agus Lukman Dibebaskan

Indra Agus Lukman, Kejari, Kuansing

Kamis, 28 Oktober 2021 19:29

Barca Tunjuk Sergi Barjuan Sebagai Pelatih Sementara

Barcelona

Kamis, 28 Oktober 2021 19:25

DBH Untuk Riau Turun Rp300 Miliar

DBH

Kamis, 28 Oktober 2021 16:05

Ini Kata dr Tirta Soal Gelombang Ketiga Covid-19

dr Tirta, Covid-19

Kamis, 28 Oktober 2021 15:22

Video: Night Ride – Pekanbaru Downtown

Motovlog

Kamis, 28 Oktober 2021 15:02

Kim Jong-un Perintahkan Warganya Kurangi Makan Hingga 2025

Kim Jong-un, Korut

Kamis, 28 Oktober 2021 15:02

Anies Baswedan: Orang Baik Masuk Politik Dipermasalahkan

Anies Baswedan