Riau Usulkan Rp4 Triliun ke Lembaga Hibah Amerika Serikat, Duitnya Dipakai untuk Apa?

Selasa, 05 Oktober 2021 20:24
Riau Usulkan Rp4 Triliun ke Lembaga Hibah Amerika Serikat, Duitnya Dipakai untuk Apa?
Jembatan Siak IV (Foto: bisnis.com)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau ajukan bantuan dana hibah sebesar Rp4 triliun ke Millenium challenge corporation (MCC). Ini adalah lembaga hibah dari Amerika Serikat (AS).

Proposal hibah ke MCC tersebut diusulkan melalui Kementerian PPN/Bappenas. “Dana sebesar itu rencananya akan dipakai untuk memperbaiki infrastruktur di Riau,” kata Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas, Himawan Hariyoga Djojokusumo, Selasa, 5 Oktober 2021.

Dia menambahkan, selain diperuntukan pada pembangunan dan perbaikan infrastruktur, jika disetujui, maka dana tersebut juga akan dipergunakan untuk pembiayaan modal usaha UMKM di Provinsi Riau.

Himawan Hariyoga Djojokusumo yang juga sebagai Ketua Tim Pengarah Persiapan dan Pengembangan Compact-2 itu menambahkan, pihaknya sudah mengadakan pertemuan untuk membahas lebih detail program-program yang telah usulkan tersebut.

Baca: Anggota DPR Minta Menkes Pastikan Wakil Rakyat Dapat Ruang ICU

Menurutnya, Riau merupakan satu dari 5 lokasi di Indonesia yang masuk dalam program untuk mendapatkan dana hibah tersebut. 

“Pak Gubernur sejauh ini aktif mengawal proposal ini dari awal supaya Riau masuk dalam kriteria compact-2 dari Amerika,” sambungnya

Dia pun mengungkapkan dari proposal yang telah diajukan, didominasi untuk pembiayaan infrastruktur. Mengingat pupa ada banyak industri yang juga diyakini telah mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Tapi, ada juga program yang diajukan oleh Pemprov Riau, belum cocok dengan program MCC, sehingga lebih cocok diajukan untuk program yang lain,” tuturnya. (bpc2)