Pemprov Riau Minta Pertamina Hibahkan Tanah untuk Pelabuhan RoRo Dumai – Malaka

Sabtu, 14 Agustus 2021 10:12
Pemprov Riau Minta Pertamina Hibahkan Tanah untuk Pelabuhan RoRo Dumai – Malaka
Kapal penyeberangan di Pelabuhan Dumai. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau minta PT. Pertamina (Persero) hibahkan tanah untuk perluasan pembangunan pelabuhan RoRo Dumai Malaka. Permintaan ini juga sudah disampaikan kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, sejauh ini pihak PT. Pertamina akan menindaklanjuti permohonan itu dengan melakukan pembahasan secara internal. Pada prinsipnya Pertamina menyetujui permohonan tersebut.

“Pembangunan Roro Dumai-Melaka yang di Dumai itu, kebetulan di sebelahnya ada tanah milik Pertamina, namanya Patra Niaga. Karena areal pelabuhan Roro yang ada di Dumai itu terlalu kecil, jadi kami minta lahan itu juga bisa dimanfaatkan untuk optimalisasi pelabuhan,”kata Gubri, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Menurut Gubri, karena pelabuhan Roro Dumai-Melaka ini akan digunakan untuk internasional papar Gubri, tentu memerlukan lahan parkir yang luas. Sementara pihaknya tidak memiliki lahan seluas itu, maka tanah milik Pertamina itu bisa dimanfaatkan.

Baca: Pemerintah AS Minta Warganya Tak ke Indonesia Karena Corona & Teroris

“Kita juga sudah komunikasikan ke Direktur PT Pertamina Hulu dan beliau juga mensupport. Agar nanti pelabuhan Roro Dumai-Melaka ini, nantinya bisa dikerjasamakan antara BUMN bersama dengan BUMD, baik Kota Dumai maupun Provinsi Riau,”terang Gubri.

Sebelumnya, Gubri juga telah menyetujui jika aset Pemprov Riau di Pelabuhan Kota Dumai diserahkan ke Kemenhub RI. Hal ini dalam rangka percepatan pembangunan pelabuhan Roro Dumai-Malaka.

Untuk diketahui, rencana pembangunan pelabuhan Roro Dumai-Malaka telah lama dirintis oleh Pemprov Riau. Namun hingga saat ini belum juga terwujud, karena adanya beberapa persoalan kebijakan dan kondisi di lapangan. (bpc2)