Pemprov Kebut Rumah Oksigen Gotong Royong Operasional dalam Minggu Ini

Senin, 02 Agustus 2021 11:30
Pemprov Kebut Rumah Oksigen Gotong Royong Operasional dalam Minggu Ini
Gubernur Riau Syamsuar (Istimewa/Diskominfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Pemprov Riau akan mengupayakan operasional rumah oksigen gotong royong bisa dilakukan dalam pekan ini. Beberapa persiapan sudah dilakukan dan dipastikan hari ini, Senin, 2 Agustus 2021, tahap awal pembangunan sudah dilakukan.

“Berdasarkan kesepakatan bersama dengan semua pihak yang kami ajak duduk tadi, sepakat bahwa rumah oksigen sudah akan dimulai pembangunannya hari ini. Lokasinya di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru,” Kata Syamsuar kepada Bertuahpos.com, Senin, 2 Agustus 2021.

Dia menambahkan, sejauh ini tidak ada target yang ditetapkan, dengan kata lain langkah awal pembangunan rumah oksigen sudah harus dimulai. Sedangkan untuk fasilitas medis dan lainnya akan menyusul. “Tak ada target, yang jelas kalau sudah bisa dioperasionalkan, kita jalan,” tuturnya.

Menurut Syamsuar, keberadaan rumah oksigen sangat dibutuhkan di Pekanbaru saat ini, mengingat tingginya angka kasus terkonfirmasi harian di Ibu Kota Provinsi Riau. Kehadiran rumah oksigen akan mampu menekan tingkat keterisian tempat tidur ICU di rumah sakit.

Baca: Jerman Akui dan Minta Maaf atas Genosida di Namibia

Dijelaskan, setiap pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan intensif sudah bisa ditangani di rumah oksigen, dengan kapasitas tampungan sekitar 150 – 200 tempat tidur.

Pemprov Riau akan menyediakan anggaran untuk kegiatan operasional rumah oksigen, sedangkan untuk peralatan dan fasilitas medis yang dibutuhkan rumah oksigen akan dibantu oleh perushaaan – perusahaan di Riau. (bpc2)