PAN Sudah Buka Diri, Adakah Tokoh yang Mau Merapat untuk Pilpres 2024?

Sabtu, 09 Oktober 2021 11:58
PAN Sudah Buka Diri, Adakah Tokoh yang Mau Merapat untuk Pilpres 2024?
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Instagram @amanatnasioal)

BERTUAHPOS.COM — Partai Amanat Nasional (PAN) sudah sesumbar dan menyatakan telah membuka diri bagi para tokoh-tokoh politik yang ingin maju di Pilpres 2024 bersama PAN.

PAN memiliki kursi di DPR sebanyak 7,65% atau sebanyak 44 dari 575 kursi. Adapun tiga besar kursi partai terbanyak di DPR antara lain PDI Perjuangan sebanyak 22,26 persen atau 128 kursi. Disusul oleh Partai Golkar sebanyak 14,78 persen atau 85 kursi dan Gerindra 13,57 persen atau 78 kursi.

Anggota DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus menyebut PAN terbuka bagi sejumlah tokoh yang ingin maju di Pilpres 2024, termasuk Ridwan Kamil Gubernur DKI Jakarta atau Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta.

“Ketua umum kami ini kan orangnya sangat demokratis, sangat aspiratif dan akomodatif. Sehingga dengan siapapun silaturahim bisa terjalin dan terbangun,” kata Guspardi Gaus kepada wartawan, Sabtu, 9 Oktober 2021, seperti dikutip dari Tribun Jabar.

Baca: Menengok Toko Buku di Peradaban Islam

Dia juga membocorkan suatu tentang Zulkifli Hasan—Ketua Umum PAN—yang tidak spesifik ke Ridwan Kamil. Melainkan ada ada tokoh lain yang berpeluang diusung PAN di Pilpres 2024. Antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maupun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pada Rakernas II PAN pada 1 September 2021 memutuskan bahwa Zulkifli Hasan diusulkan maju menjadi calon presiden atau calon wakil presiden di Pilpres 2024. “Sementara waktunya masih panjang. DPP PAN tentu akan melakukan kajian dan evaluasi dari berbagai kemungkinan yang ada,” ucapnya.

Anggota DPR RI daerah asal Sumatera Berat itu menyebut Zulkifli Hasan dekat dengan semua pihak. Baik Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa dan Erick Thohir serta tokoh lainnya yang dianggap potensial maju sebagai capres atau cawapres pada gelaran Pemilu 2024 mendatang.

Namun, Guspardi enggan memilih siapa dari empat tokoh itu yang paling dipertimbangkan PAN untuk pilpres. Sebab, hal tersebut merupakan domain Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk menentukan. (bpc2)