Oksigen di Papua Langka, Menkes Tolong Segera Respon !

Rabu, 21 Juli 2021 09:25
Oksigen di Papua Langka, Menkes Tolong Segera Respon !

BERTUAHPOS.COM Papua dan Papua Barat kini dihadapkan dengan masalah kelangkaan tabung oksigen. Anggota Komite I DPD RI Filep Wamafma meminta agar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin segera merespon.

“Kami harap segera ada kebijakan yang tepat dari Menkes dalam menanggapi kasus kelangkaan tabung oksigen yang terjadi di Papua dan Papua Barat,” kata Filep dalam keterangan tertulisnya, Selasa 20 Juli 2021.

Perlu langkah yang cepat untuk memenuhi kebutuhan tabung oksigen di daerah paling timur Indonesia itu. Mengingat kebutuhan oksigen di Papua semakin meningkat beberapa minggu belakangan.

Filep menekankan ketersediaan tabung oksigen merupakan hal esensial dan kebutuhan mendesak di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Papua. 

Baca: Kasus Covid-19 di Siak Meningkat, Bupati Alfedri Sidak Pasar Perawang

BACA JUGA:  Distakan Pekanbaru Sebut Pandemi Tak Kurangi Minat Warga Berkurban

“Pemerintah harus hadir memberikan solusi mengingat kapasitas kapasitas daerah yang terbatas dalam memproduksi tabung oksigen di tengah situasi kritis Covid-19,” tuturnya. 

“Ini merupakan kebutuhan mendesak dan terkait keselamatan jiwa rakyat Papua. Kita tahu saat ini penambahan kasus positif di kedua provinsi ini terus melonjak setiap harinya,” kata Filep.

“Banyak rumah sakit membutuhkan tabung oksigen segera, sedangkan pihak produsen sudah kewalahan menangani permintaan meskipun telah menambah peralatan produksi tabung oksigen,” ucapnya. (bpc2)