Harga Kelapa dan Pinang Naik, Tepung Sagu Stagnan, Kopra Turun

Rabu, 21 Juli 2021 09:45
Harga Kelapa dan Pinang Naik, Tepung Sagu Stagnan, Kopra Turun

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sejumlah komoditas perkebunan di Riau terpantau mengalami pergerakan harga yang fluktuasi. Misal, harga kelapa dan pinang terpantau naik, sedangkan tepung sagu tertahan dan Kopra cenderung turun.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli melalui Menurut Kabid Pemasaran dan Pengolahan Defris Hatmaja menjelaskan fluktuasi harga komoditas perkebunan disebabkan oleh banyak faktor. “Hanya saja, sejauh ini pergerakan harga masih terpantau normal, artinya tidak ada yang bergerak terlalu signifikan,” terangnya.

Harga untuk produk komoditi perkebunan seperti kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini sebesar Rp4.000 per Kg atau mengalami kenaikan harga sebesar Rp67 per Kg, dari harga minggu lalu. 

Sedangkan harga kopra mutu kering 100% di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti sebesar Rp6.850 per Kg mengalami penurunan dari minggu lalu sebesar Rp50 per Kg.

Baca: Djokir: Tak Mungkin Bisa Dibangun Tol Atas Laut Jakarta-Surabaya

Sementara itu untuk harga tepung sagu basah sebesar Rp3.067 per Kg di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti tidak mengalami kenaikan karena harga. 

Lalu untuk harga pinang kering 100% di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti terpantau sebesar Rp16.150 per Kg mengalami kenaikan dari minggu lalu sebesar Rp250 per Kg. (bpc2)