KH Ahmad Dahlan, Pendiri Poliklinik Islam Pertama di Indonesia

Jumat, 18 Juni 2021 09:37
KH Ahmad Dahlan, Pendiri Poliklinik Islam Pertama di Indonesia

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan KH Ahmad Dahlan merupakan pendiri poliklinik Islam pertama di Indonesia.

Menurut Haedar, dikutip dari laman Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan sangat memahami bahwa ibadah saja tanpa amal sosial tidak ada artinya.

Ajaran itulah yang membuat KH Ahmad Dahlan mendirikan rumah miskin dan yatim. Bahkan, KH Ahmad Dahlan yang pertama mendirikan poliklinik Islam di Indonesia, dimana saat itu belum ada fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh orang Islam.

“Bahkan lahir poliklinik pertama yang waktu itu rumah sakit hanya dimiliki kaum zending atau dari Kristen,” kata Haedar.

Baca: Kerasnya Umar Bin Khattab Menentang Minuman Khamar

BACA JUGA:  Saat KH Ahmad Dahlan Melelang Barang Pribadi untuk Bangun Sekolah

“Kiai Dahlan mengimplementasikan Al Maun menjadi rumah miskin dan yatim, dan rumah sakit yang waktu itu masih susah,” tambah dia.

KH Ahmad Dahlan, lanjut Haedar, berhasil membuktikan bahwa amal sosial mampu membebaskan kaum lemah dari ketertindasan. Muhammadiyah kemudian mendirikan banyak sekolah, panti asuhan, dan rumah sakit yang kini tersebar di seluruh Indonesia.

“Artinya dari Al Maun melahirkan al-Quran yang berjalan, al-Quran yang menjawab kehidupan, yang memberi manfaat, memberi maslahat,” pungkasnya. (bpc4)