Ketua Satgas Covid-19 IDI: Lockdown Terbukti Efektif di Beberapa Negara

Jumat, 18 Juni 2021 14:39
Ketua Satgas Covid-19 IDI: Lockdown Terbukti Efektif di Beberapa Negara
Penanganan pasien Covid-19. (Ilustrasi/Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban mengatakan kebijakan lockdown terbukti efektif di beberapa negara untuk meredam penyebaran Covid-19.

Zubairi mencontohkan India, yang menurutnya berhasil menurunkan kasus dari 400 ribu per hari menjadi 70 ribu per hari.

Karena itu, Zubairi menyarakan pemerintah untuk melakukan kebijakan lockdown. Tidak perlu lama-lama, kata dia, cukup dua minggu. Setelah itu, bisa kembali diterapkan kebijakan PPKM.

“Paling cepat dua minggu. Tapi dilihat juga positivity rate-nya. Turun berapa banyak. Misalnya di Jakarta yang berada di angka 17-18 persen. Ya tunggu sampai 10 persen. Itu cukup. Setelah itu baru kembali lagi ke PPKM Mikro,” kata Zubairi melalui akun twitternya, @ProfesorZubairi.

BACA JUGA:  Gara-gara Corona, Samsung dan LG Tutup Sementara Pabrik Gadangnya di India

Baca: Yang Mau Daftar CPNS 2021, Berikut Info Lengkapnya

Menurut Zubairi, melihat seriusnya kasus Covid-19 di Indonesia saat ini, maka kebijakan lockdown memang diperlukan. Apalagi, kata dia, rumah sakit penuh, kasus melonjak, dan tenaga medis telah terinfeksi yang membuat kualitas layanan menurun.

“Apakah lockdown sebuah jaminan? Asal dilakukan dengan benar ya akan efektif. Namun saya juga tidak bisa memaksakan. Itu terserah yang punya kewenangan. Sebagai dokter, tentu saja saya ingin memprioritaskan keselamatan dan kesehatan,” pungkas dia. (bpc4)