Israel Klaim Tangkap Pimpinan Hamas di Tepi Barat

Kamis, 03 Juni 2021 11:17
Israel Klaim Tangkap Pimpinan Hamas di Tepi Barat
Hamas. (Net)

BERTUAHPOS.COM — Pemimpin Hamas Sheikh Jamal al-Tawil, ditangkap oleh militer Israel di Kota Ramallah, Tepi Barat, pada Selasa, 1 Juni 2021, begitu klaim militer Israel.

Dikutip AFP, dia mendapat tuduhan mendirikan sebuah pangkalan bagi penguasa jalur Gaza di wilayah kependudukan israel.

Advertisement

Dia juga dituding terlibat dalam kerusuhan sebagai organisator serta membentuk kembali markas Hamas di Ramallah. Soal penangkapan itu juga dibenarkan oleh Juru Bicara Hamas Hazem Qassem di Gaza.

Meski demikian, Hamas menegaskan bahwa ditangkapkan Jamal sama sekali tak ada pengaruh terhadap sikap perlawanan mereka di Tepi Barat.

Baca: Pemilihan FKUB Riau Dipermasalahkan, Ade Agus: Itu Bukan Tugas MUI

Jubir Kementerian dalam negeri Hamas di Gaza Iyad al-Bozom mengungkapkan ada 2 militan Hamas meninggal saat berusaha membongkar persenjataan Israel di wilayah itu.

Sudah ada puluhan anggota Hamas ditangkap Israel dalam beberapa pekan belakangan di Tepi Barat, termasuk beberapa yang telah merencanakan mencalonkan diri dalam pemilu Palestina. 

Seperti diketahui, di Palestina ada 2 kelompok politik besar. Selain Hamas, kelompok politik lain yang juga berpengaruh adalah Fatah. Keduanya menguasai blok yang berbeda. (bpc2)