Covid-19, Jokowi Perintahkan Daerah Siapkan RS Darurat

Selasa, 20 Juli 2021 09:54
Covid-19, Jokowi Perintahkan Daerah Siapkan RS Darurat

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada daerah agar bisa mempersiapkan rumah sakit darurat, sebagai salah satu langkah penanganan covid-19 yang diprediksi akan terus melonjak.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat rapat penanganan covid-19 nasional secara virtual pada Senin, 19 Juli 2021. 

“Daerah saya minta untuk mempersiapkan segalanya, termasuk mempersiapkan rumah sakit darurat,” tutur Jokowi.

Dia menambahkan, daerah harus ada persiapan untuk RS darurat, sebagai langkah antisipasi agar rumah sakit tidak penuh saat terjadi lonjakan kasus corona di daerah masing – masing.

Baca: Kadiskes Riau Klaim Stok Vaksin Aman, Akan Ada Tambahan 20 Ribu Vaksin Baru

“Kita memang harus ada antisipasi dulu, bagaimana kalau seandainya rumah sakit penuh? Makanya, jangan tunggu penuh dulu baru disiapkan, itu terlambat,” katanya.

Selain itu, dia juga meminta kepada setiap rumah sakit di daerah agar melakukan pengecekan BOR, ketersediaan obat, mempersiapkan segala kemungkinan di lapangan, termasuk ketersediaan oksigen.

“Tolong dicek juga kapasitas BOR-nya. Banyak yang bisa dinaikkan untuk Covid-19. Beberapa daerah RS masih pasang BOR 20% sampai 30%. Tolong dinaikkan ke 40% sampai 50%. Kepala daerah harus tahu. Kalau nggak BOR RS akan tinggi, padahal baru dipakai beberapa persen,” katanya. (bpc2)