BPBD Riau Ajukan Tambahan Helikopter untuk Bantu Tangani Karhutla

Jumat, 23 Juli 2021 14:03
BPBD Riau Ajukan Tambahan Helikopter untuk Bantu Tangani Karhutla
Kegiatan water boombing untuk pemadaman karhutla.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau ajukan penambahan jumlah helikopter untuk membantu penanganan karhutla di Riau saat ini. Sejauh ini, diketahui sebagian besar daerah di Riau terpantau muncul titik api dan diperkirakan adalah lahan yang terbakar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, mengatakan, saat ini Helikopter yang beroperasi baru dua unit dan telah diajukan 4 unit yang sudah siap ikut membantu WB di wilayah Riau, dari bantuan Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB)

“Helikopter yang beroperasi saat ini baru dua untuk WB, sudah ada tambahan lagi, dua Helikopter dalam proses perpanjangan dan ada satu helikopter dalam proses verifikasi. Mudah-mudahan hari Sabtu ini Helikopter yang diverifikasi bisa beroperasi di wilayah yang terpantau Karhutla, doakan kita bisa mengatasi Karhutla di Riau,” ujar Edy, Jumat, 23 Juli 2021, di Pekanbaru.

Dia menambahkan, sejauh ini daerah dengan jumlah titik api terbanyak masih terdapat di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Berdasarkan data pantauan satelit dari BMKG Stasiun Pekanbaru, dari 70 hotspot yang muncul di Riau, 43 titik diantaranya terdapat di Kabupaten Rohil.

Baca: PPKM, Aparat Diminta Tegas ke Anak Nongkrong

“Lahan terbakar di daerah itu adalah semak ilalang sehingga memudahkan api cepat menyebar. Tim Satgas darat dan udara masih terus berjibaku memadamkan lahan yang terbakar. Helikopter WB juga berhasil mendinginkan wilayah yang terbakar, termasuk tim darat, ini saya juga di Rohil,” ungkap Edy. (bpc2)