350 Ribu Orang di Tigray Kelaparan

Kamis, 10 Juni 2021 09:55
350 Ribu Orang di Tigray Kelaparan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sebanyak 350 ribu orang di Tigray, Ethiopia, dilaporkan sedang dalam kondisi kelaparan. Hal ini terungkap dari sebuah analisis yang sebelumnya tidak dipublikasikan oleh badan-badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan kelompok-kelompok bantuan.

Menurut laporan itu, angka 350 ribu orang yang kelaparan di Tigray, masih dalam angka perkiraan. Reuters dapat kesempatan untuk melihat dokumen itu. Tigray adalah wilayah yang dilanda konflik di Ethiopia

Advertisement

Pemerintah Ethiopia membantah analisis itu. Menurut catatan pertemuan Komite Tetap Antar-Lembaga (IASC) yang terdiri dari setidaknya 18 kepala organisasi PBB dan non-PBB.

kelaparan telah dinyatakan terjadi 2 kali dalam dekade terakhir. Pertama terjadi di Somalia pada 2011 dan di Sudan Selatan pada 2017, menurut IPC.

Baca: AS Tawarkan Bantuan Evakuasi Kapal Kargo di Terusan Suez

BACA JUGA:  Menanti Sikap Pemerintah Indonesia Terhadap Situasi Genting Palestina

PBB, kelompok bantuan, pemerintah dan pihak terkait lainnya menggunakan IPC untuk bekerja sama menentukan situasi.

“Mengenai risiko kelaparan, tercatat bahwa angka analisis IPC yang tidak dipublikasikan sedang diperdebatkan oleh pemerintah Ethiopia, terutama sekitar 350.000 orang di seluruh Tigray yang diyakini berada dalam kondisi kelaparan IPC 5,” tulis dokumen itu. (bpc2)