3 Kuliner Pekanbaru yang Legendaris, Hingga Kini Masih Banyak Diminati

Senin, 11 Oktober 2021 10:48
3 Kuliner Pekanbaru yang Legendaris, Hingga Kini Masih Banyak Diminati
Miso Pak Lek salah satu kuliner legendaris di Pekanbaru (Foto: Instagram @pku.eatlovers_)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Halo Sahabat Bertuahpos, mengawali awal pekan kali ini kita akan mengupas tentang kuliner Pekanbaru. Kalau bicara yang satu ini sih memang nggak ada habisnya. Apalagi Riau yang memang terkenal kaya dengan kuliner-kuliner khas daerah.

Nah, Sahabat Bertuahpos, masih ingat nggak tempat-tempat makan yang legendaris di Pekanbaru. Kali ini kita akan sedikit bernostalgia ya dengan kuliner-kuliner di Pekanbaru yang sejak dulu hingga kini masih tetap eksis. Oke, berikut ini 3 kuliner Pekanbaru yang legendaris dan masih banyak diminati hingga kini.

Miso Pak Lek

Kalau makanan yang satu ini sih, legendaris banget. Miso Pak Lek yang terletak di Jalan Thamrin ujung, Pekanbaru ini selalu ramai dipadati pengunjung. Awalnya si Pak Lek, jual misonya cuma pakai gerobak, yang jelas udah lama banget. Terus makin berkembang hingga dia membuat tempat jualan Miso di pekarangan rumahnya.

Baca: Puluhan Warga Alami Kecelakaan di Proyek IPAL P3R

Miso Pak Lek buka setiap pukul 09.00 WIB dan jumlah porsinya pun terbatas. Paling lama jam 11 biasanya tempat sarapan ini udah close. Wajar sih. Kalau kamu pernah mampir ke Miso Pak Lek, kamu bisa lihat betapa banyaknya modil yang parkir, bahkan hingga numpang ke halaman rumah tetangga-tetangganya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan antrean orang yang bahkan rela berdiri lama hanya untuk menunggu tempat duduk kosong. Kalau Sahabat Bertuahpos mau coba cicip sarapan Miso Pak Lek sebaiknya datang pagi, biar aman.

Kuliner Pekanbaru

Miso Pak Lek salah satu kuliner legendaris di Pekanbaru (Foto: Instagram @pku.eatlovers_)

Soto Bude Cemara

Soto Bude Cemara juga salah satu kuliner Pekanbaru yang legendari lho, Sahabat Bertuahpos. Legendaris karena memang warung soto ini sudah sangat lama ada dan hingga kini masih tetap eksis.

Warung Soto Bude ini berada di Jalan Cemara juga tidak buka setiap hari ya. Hanya di hari-hari tertentu. Tapi untuk menandakan, kalau hari ini buka, maka esoknya tutup. Keseringan sih seperti itu. 

Para peminat Soto Bude ini juga orang-orang bermobil mewah. Rata-rata karyawan kantoran baik swasta maupun pemerintahan. 

Salah satu ciri khas kuliner ini, kuah sotonya dibuat dengan bahan-bahan rempah, ayam, kuah kaldu, dan sayuran serta bawang goreng. Secara sekilas, soto tersebut tidak berbeda dengan soto lain. Namun, Anda akan merasakan rasa soto sesungguhnya setelah mencicipinya.

kuliner Pekanbaru

Soto Bude Cemara salah satu kuliner legendari di Pekanbaru (Foto: @hhengkii)

Kedai Kopi Kimteng

Kalau yang ini mah legendaris banget. Bukan cuma banyak menarik peminat untuk nongkrong, kopi dari Kim Teng ini terkadang juga banyak dihidangkan di meja-meja pejabat. 

Dulunya, di meja kerja atau di ruang rapat Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman selalu tersedia beberapa produk dari kedai kopi ini. Termasuk Walikota Pekanbaru Firdaus. Masih ingat nggak kasus Firdaus dikabarkan keracunan roti dari Kimteng sekitar tahun 2017 lalu.  

Kedai Kopi yang berlokasi di Jalan Senapelan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru ini sejak dulu memang sudah terkenal dengan kopinya yang khas. Tempat ini bahkan dulunya menjadi andalan para pejabat untuk duduk ngopi. 

Kuliner Pekanbaru

Kopi Kimteng salah satu kuliner legendaris di Pekanbaru (Foto: @diithaalbaasithaa)

Selain kopi, produk andalan lain di tempat ini adalah roti bakar yang memiliki tekstur lembut serta selai yang gurih dan nikmat. Selain itu, pemilik juga menyiapkan menu besar seperti dimsum, mie ayam, dan bubur. Anda cukup memilih menu apa yang cocok untuk mengisi perut. Setelah itu, Anda menggabungkannya dengan kopi yang nikmat.

Bahkan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY juga pernah sarapan di tempat ini lho, Sahabat Bertuahpos. Nah, itulah 3 kuliner Pekanbaru yang legendaris dan masih eksis hingga kini. Bagi kamu yang baru mampir ke Pekanbaru, nggak ada salahnya mencoba kuliner-kuliner di tempat-tempat ini ya. (bpc2)