Inggris Tambahkan Dua Gejala Tanda Corona

Kamis, 21 Mei 2020 04:59

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Inggris menambahkan dua gejala sebagai tanda awal terinfeksi virus corona atau covid-19. Dua gejala itu antara lain hidung kehilangan indra penciuman, serta lidah kehilangan kemampuan untuk mengecap rasa.

Dengan demikian, kini mereka yang mengalami gejala batuk, suhu tubuh tinggi, serta kehilangan indra penciuman dan perasa agar melakukan isolasi mandiri selama tujuh hari. Jika terus mengalami semua gejala diatas, masyarakat diminta melaporkan diri.

“Jika kehilangan indra penciuman dan perasa, lakukan isolasi mandiri untuk mengontrol penyebaran virus,” ujar juru bicara resmi perdana menteri┬áInggris, dikutip dari republika.co.id, Kamis 21 Mei 2020.

Penambahan dua gejala ini dilakukan pemerintah Inggris setelah mendapatkan laporan dari peneliti di King’s College London. Para peneliti ini telah mengumpulkan 1,5 juta orang Inggris yang melaporkan gejala covid-19.

Baca: Ketahanan Pangan di Riau Terancam

Peneliti utama, Prof Tim Spector menyebutkan setidaknya ada 14 gejala positif covid-19. Diantaranya kehilangan indra penciuman dan perasa, kelelahan, mata merah, serta sakit perut atau diare.

“Tidak ada gunanya meminta masyarakat waspada pada covid-19, sementara mereka tak tahu gejalanya,” ujar Prof Spector.

“Jika tidak mengetahui gejalanya, kita hanya akan menempatkan masyarakat dalam bahaya, dan pandemi ini akan terus berlanjut,” pungkasnya. (bpc2)