Orang Tua Sebut Himbauan Gubri Soal Perayaan Malam Tahun Baru Telat dan Terkesan Tak Serius

Selasa, 31 Desember 2019 20:21
Orang Tua Sebut Himbauan Gubri Soal Perayaan Malam Tahun Baru Telat dan Terkesan Tak Serius

Syamsuar Larang Warga Riau Rayakan Malam Tahun Baru 2020


BERTUAHPOS.COM – Gubernur Riau mengeluarkan Surat Edaran yang menyatakan larangan kepada masyarakat Riau untuk melakukan perayaan apapun dalam rangka menyambut tahun baru 2020.

Advertisement

Surat Edaran tersebut memuat 4 poin, diantaranya: Masyarakat Riau tidak merayakan malam tahun baru dalam bentuk hiburan maupun menyalakan kembang api, petasan, dan peniupan terompet.

Kemudian dianjurkan kepada seluruh pemilik dan pengelola tempat hiburan untuk tidak membuka kegiatan pada malam pergantian tahun.

Baca: Ternyata Berbahaya Bekukan Es Krim yang Sudah Meleleh

Poin ketiga, masyarakat kiranya dapat mengisi malam tahun baru dengan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama masing-masing dan khususnya yang beragama Islam agar melaksanakan zikir istigosah dan doa keselamatan terhindar dari segala bencana.

Keempat, kepada orang tua tidak membiarkan anak-anak turun ke jalan dan tempat hiburan yang dapat mengganggu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Menanggapi hal ini Ibrahim (49), warga yang berdomisili di Jalan Lobak menilai bahwa edaran yang dikeluarkan Gubernur Riau, Syamsuar setengah hati.

“Udah telatlah. Kalau sekarang gimana mau melarang anak untuk tidak keluar rumah. Inikan seperti setengah hati, kenapa tidak dikeluarkan seminggu sebelum pergantian tahun,” katanya, Selasa, 31 Desember 2019.

Menurut Khairul (50), warga yang berdomisili di Jalan Balam, Pekanbaru, jika edaran ini dikeluarkan sejak jauh-jauh hari, bisa saja imbauan diketahui masyarakat.

“Orang juga banyak nggak tahu kalau ada himbauan kayak gitu. Jangan masyarakat di daerah lain di Riau, orang Pekanbaru saja banyak yang nggak tahu,” katanya kepada bertuahpos.com.

Terlepas dari semua itu, baik Khairul dan Ibrahim menilai bahwa pemerintah sebenarnya punya kendali yang kuat untuk memberikan himbauan kepada masyarakat terutama pada hal-hal yang sifatnya positif.

Namun semua itu harus dilakukan dengan serius bukan hanya sekedar “melepas tanya” semata. Sementara itu euforia malam pergantian tahun tidak hanya terlihat di Riau tapi di sebagian besar wilayah di Indonesia bahkan hingga ke pelosok-pelosok. (bpc3)

#tahunbaru2020 #pestakembangapi

Berita Terkini

Minggu, 25 Oktober 2020 10:01

Kaum Muslimin, Janganlah Terpedaya Harta Kekayaan

#ISLAMPEDIA

Minggu, 25 Oktober 2020 09:31

Silahkan, Nikmati Surga Telaga di Gunung Talamau Sumbar

#gunungtalamau #sumbar

Minggu, 25 Oktober 2020 09:04

Wijatmoko Kembali Pimpin Apindo Riau 5 Tahun Kedepan

#apindoriau #ketuaapindoriau

Minggu, 25 Oktober 2020 09:03

Ini Tips Hijab yang Stylish, Tapi Simpel

LIFESTYLE

Minggu, 25 Oktober 2020 07:31

Inilah Sederet Bisnis Suami Nikita Willy

#bluebird #indrapriawan #nikitawilly

Minggu, 25 Oktober 2020 06:31

Angka Kemiskinan Naik 9,7%, Mahfud MD Sebut Karena Corona

#kemiskinan #mahfud