Bupati Siak: Pramuka Berperan Dalam Penanggulangan Covid-19

Sabtu, 15 Agustus 2020 08:10
Bupati Siak: Pramuka Berperan Dalam Penanggulangan Covid-19

BERTUAHPOS.COM, SIAK – Bupati Siak Alfedri selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Gerakan Pramuka Siak memimpin upacara Hari Pramuka ke-59, tingkat Kabupaten Siak. Kegiatan berlangsung pada, Jumat (14/8/2020) pagi, di Halaman Kantor Kwarcab Siak.

Peringatan Hari Pramuka tahun 2020 tersebut digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap peserta apel diwajibkan untuk mengecek suhu badan, mencuci tangan pakai sabun dan mengenakan masker.

Advertisement

Usai memimpin upcara, bupati siak Alfedri menyerahkan penghargaan berupa Lencana Pancawarsa kepada 6 (enam) orang pengurus Kwarcab Siak. Diantaranya pancawarsa I sebanyak 4 orang, pancawarsa II 1 orang dan pancawarsa VI 1 orang.

Dalam sambutannya bupati siak Alfedri menyampaikan meski gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan anak dan remaja, bukan organisasi sosial, namun gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.

Baca: dr Indra Yopi: Kami Butuh Dukungan dan Semangat, Agar Para Medis Tetap Kuat

Ia bilang, jumlah anggota gerakan pramuka saat ini sekitar 25 juta orang dan merupakan yang terbesar di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia.

“Jumlah besar ini merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaan nya agar gerakan pramuka dapat semakin berkembang dan menjadi bagian penting dalam mewujudkan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang adil dan sejahtera berdasarkan UUD 1945″ ucapnya.

Upacara tersebut mengangkat tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Tema ini menjadi tema utama dari seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan Pramuka tahun 2020 ini.

Dikesempatan itu bupati siak Alfedri juga menyerahkan penghargaan untuk pramuka garuda sebanyak 114 tingkat siaga, 326 orang tingkat penggalang dan 81 orang tingkat penegak.

Wajah-wajah bahagia dan ceria tampak menyelimuti para pelajar tersebut, seperti yang terlihat pada Naura Alifa Rahma. Pelajar putri dari Madrasah Aliyah Jabal Nur Kandis ini menyatakan bangga bisa mewakili kecamatan Kandis untuk ikut Upacara hari pramuka di Kabupaten.

“Senang sekali bisa ikut upacara hari pramuka disini, tidak semua orang bisa ikut. Dan alhamdulillah saya juga dapat penghargaan pramuka garuda dari Kak Alfedri selaku Ketua Kwarcab Siak” kata Naura siswi kelas XII ini.

Ia berharap Pramuka bisa membantu pemerintah dalam pembangunan, terutama membantu pemerintah dalam menciptakan karakter muda sebagai calon pemimpin bangsa yang memiliki fisik, mental dan spiritual yang kuat di masa depan. (adv)