Dunia Internasional Mengutuk Keputusan Donald Trump Terkait Status Al-Quds

Jumat, 08 Desember 2017 00:54
Dunia Internasional Mengutuk Keputusan Donald Trump Terkait Status Al-Quds
Palestina

DOHA, BERTUAHPOS.COM - Keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui secara resmi Al-Quds sebagai ibukota bagi Israel, mengundang respon penolakan dari seluruh dunia. Keputusan itu akan memperdalam perselisihan antara Israel dan Palestina, selain juga akan berdampak buruk terhadap stabilitas dan keamanan Kawasan.

Uni Eropa menyampaikan kekhawatirannya yang mendalam terkait keputusan Trump ini. UE meyakini, keputusan tersebut akan berimplikasi pada peluang perdamaian di Palestina.

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), melalui Sekjen-nya menyatakan, keputusan Trump mengancam perdamaian antara Palestina dan Israel. Sekjen juga menegaskan, Al-Quds merupakan bagian dari dokumen perundingan akhir atas permasalahan di sana.

Antonio Guteress menekankan, tidak ada pengganti atas solusi dua negara. Ia juga menyebut Al-Quds sebagai ibukota bagi Palestina dan Israel.
Prancis, melalui presiden-nya, Emmanuel Macron mengebut tidak mendukung keputusan Presiden Trump. Kepada wartawan dikatakan, “Keputusan ini sangat disayangkan. Prancis tidak mendukungnya. Ini melanggar hukum internasional dan resolusi DK PBB.”

Selain itu, Macron juga menegaskan situasi di Al-Quds harusnya ditentukan oleh Palestina dan Israel melalui perundingan. Ia juga menyeru semua pihak untuk senantiasa menjaga diri.

Inggris, melalui pimpinan Partai Buruh, Jeremy Corbin dikatakan, keputusan Trump sembrono dan menghalangi proses perdamaian. Corbin juga mendesak pemerintah Inggris untuk mengutuknya. Kanada, Menlu negara ini menyatakan, status Al-Quds hanya dapat ditentukan melalui persamaan perspektif umum dalam perselisihan Palestina dan Israel.

Turki, Menlu-nya mengutuk keras pengakuan AS terkait status Al-Quds sebagai ibukota bagi entitas zionis, Israel. Melalui akun twitternya, Mevlut Covusoglu mengatakan, “Kita merasa khawatir dan mengutuk pernyataan tak bertanggung jawab dari pemerintah AS terkait pengakuan Al-Quds ibukota Israel dan pemindahan kedutaan AS ke Al-Quds.” Covusoglu juga menyatakan, keputusan AS ini merupakan pelanggaran yang nyata terhadap hukum internasional dan resolusi PBB terkait.

Mesir, Kemenlu negara ini menyangkal keputusan Trump terkait status Al-Quds. Mesir juga menolak hal-hal apapun yang berkaitan dengan itu. Selain itu, Syaikh Al-Azhar juga menyeru digelarnya konferensi internasional untuk membahas Al-Quds. Menurut Syaikh, konferensi digelar pada Januari mendatang dengan dihadiri oleh para ulama dan tokoh Nasrani dari seluruh dunia.

Lebih lanjut, Al-Azhar juga telah mengeluarkan peringatan dampak dari keputusan AS itu. Menurut universitas yang jadi referensi Islam Sunni dunia itu, pengakuan Al-Quds sebagai ibukota Israel akan mengguncang stabilitas dunia.

Iran, tak ketinggalan dalam mengomentari keputusan Trump ini. Melalui Kemenlu-nya dikatakan, Teheran mengecam keras keputusan AS untuk memindah kedutaan dari Tel Aviv ke Al-Quds.

Iran menambahkan, keputusan itu merupakan pelanggaran terhadap resolusi internasional. AS dan Israel, ditambahkan, menjadi pihak paling bertanggung jawab jika terjadi kekerasan akibat keputusan itu. Kemenlu Iran juga menyeru masyarakat internasional untuk bersama-sama menggagalkan realisasi dari keputusan Trump tersebut. (whc/dakwatuna)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Tahun 2018, DPRD Riau Anggarkan Rp 40 Miliar untuk UNBK
Selasa, 20 Pebruari 2018 21:20

Tahun 2018, DPRD Riau Anggarkan Rp 40 Miliar untuk UNBK

DPRD Riau anggarkan lebih dari Rp 40 miliar pada tahun 2018 untuk UNBK. Ade Agus Hartanto, Komisi V DPRD Riau menyebutkan bahwa tahun ini adalah kali kedua Riau melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Luar Biasa, Orang Indonesia Makin 'Sadar' Internet
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:58

Luar Biasa, Orang Indonesia Makin 'Sadar' Internet

Orang Indonesia makin sadar internet. Itu terbukti dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Data dari survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Program Kota Ku di Jalan Sungai Sago Telan Dana APBN Rp 160 Jutaan
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:27

Program Kota Ku di Jalan Sungai Sago Telan Dana APBN Rp 160 Jutaan

Pada bulan Desember 2017,  tampaknya pemerintah membuat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program ini merupakan sebuah peningkatan Jalan di Gang Sungai Sago, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kelurahan Sukaramai.

Kopi Rambah Pasar Vietnam
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:16

Kopi Rambah Pasar Vietnam

Kopi Indonesia rambah pasar Vietnam. Ini sangat mungkin terwujud lantaran Vietnam salah satu negara dengan tingkat konsumsi tinggi. Duta Besar RI Vietnam Ibnu Hadi menmgatakan promosi kopi ditarget perdagangan bilateral USD10 miliar pada tahun 2020.

Belum Ditertibkan, Baliho Program Kerja Cagub Petahana Masih Terpampang di Tengah Kota Bengkalis
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:40

Belum Ditertibkan, Baliho Program Kerja Cagub Petahana Masih Terpampang di Tengah Kota Bengkalis

Baliho program kerja petahana tampak masih terpampang di tengah kota Bengkalis, Selasa (20/2/2018). Dalam pantauan bertuahpos.com, baliho yang terpajang adalah program kerja 

MTQ Pekanbaru 2018 Digelar di SMP Madani?
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:35

MTQ Pekanbaru 2018 Digelar di SMP Madani?

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Pekanbaru ke-51 rencananya akan digelar di SMP Madani atau Islamic Center Tabrani. Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, mentakan

Tak Taat Aturan, Baliho AYO Masih Terpampang di Simpang Panam
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:30

Tak Taat Aturan, Baliho AYO Masih Terpampang di Simpang Panam

Perintah Bawaslu untuk menurunkan semua baliho yang menampilkan Calon Gubernur (Cagub) Riau tahun 2018 seperti tidak diindahkan. Pasalnya, sampai saat ini spanduk-spanduk tersebut masih terpajang di berbagai titik di Kota Pekanbaru.

Belanja Proyek Strategis Nasional Tengah Dievaluasi
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:15

Belanja Proyek Strategis Nasional Tengah Dievaluasi

Pemerintah tengah evaluasi belanja proyek trategis nasional. Termasuk mengukur efektifitas belanja dari setiap proyek itu. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan 

2 Nama Bupati di Riau, Dituding Terima Aliran Dana Korupsi e-KTP Setnov
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:00

2 Nama Bupati di Riau, Dituding Terima Aliran Dana Korupsi e-KTP Setnov

Dua bupati di Riau, yakni Irwan Nasir (Bupati Kepulauan Meranti) dan HM Wardan (Bupati Inhil non aktif) disebut sebagai bagian penerima aliran dana dalam kasus korupsi e-KTP yang kini menjerat Setya Novanto sebagai terdakwa.

Mantan Ketua Kadin Pekanbaru Telantarkan Anak, Polisi Sedang Kumpulkan Alat Bukti
Selasa, 20 Pebruari 2018 18:45

Mantan Ketua Kadin Pekanbaru Telantarkan Anak, Polisi Sedang Kumpulkan Alat Bukti

Polisi tengah mengumpulkan alat bukti atas kasus penelantaran anak yang diduga dilakukan oleh mantan Ketua Kadin Pekanbaru berinisia S. Proses mengumpulkan alat bukti itu kini masih dilakukan oleh Direktorat Reserse