Untuk yang Hobi Mendaki, Berikut 5 Rekomendasi Gunung Indonesia yang Wajib Kamu Taklukkan

Sabtu, 26 September 2020 12:05
Untuk yang Hobi Mendaki, Berikut 5 Rekomendasi Gunung Indonesia yang Wajib Kamu Taklukkan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Aktivitas mendaki gunung sudah menjadi sesuatu yang begitu populer dan nyaris terkesan ‘biasa’, terutama di kalangan anak muda.

Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh eksistensi jejaring sosial yang memiliki kekuatan untuk memunculkan ketertarikan atas informasi pendakian.

Advertisement

Pemandangan alam dari puncak gunung memang selalu menampilkan panorama memukau dan pastinya bikin iri, ketika diposting di sosial media.

Nah bagi kamu yang juga tertarik untuk mendaki gunung, berikut lima rekomendasi gunung Indonesia terbaik favorit pendaki yang tentunya layak untuk dipertimbangkan:

Baca: Guys, Ada Promo Murah di Evo Hotel Nih, Bisa Diskon Hingga 60%

Gunung Merbabu

Gunung yang kerap dianggap sebagai gunung terbaik favorit pendaki di Pulau Jawa adalah Gunung Merbabu. Gunung Merbabu dikelilingi oleh Boyolali, Magelang, dan Kabupaten Semarang. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3142 mdpl.

Gunung ini sendiri memiliki keindahan di sepanjang jalur pendakiannya. Ada banyak pilihan jalur di antaranya Jalur Selo, Jalur Wekas, dan lain sebagainya.

Gunung Rinjani

Dari semua gunung yang ada di Indonesia, Gunung Rinjani bisa dibilang salah satu yang paling populer dan mencapai puncaknya adalah idaman setiap pendaki.

Setiap tahunnya, gunung berapi tertinggi kedua dan tertinggi ketiga di Indonesia ini selalu ramai pendaki.

Pesona Gunung Rinjani, selain ketinggian dan jalurnya yang menantang, juga dilengkapi dengan eksistensi Danau Segara Anak yang terbentuk sebagai kaldera bekas letusannya.

Gunung Papandayan

Di kalangan pendaki, terutama pendaki pemula, nama Gunung Papandayan tentu tak luput dari popularitas. Gunung Papandayan memiliki pesonanya sendiri, terutama bila kita menyusuri Tegal Alun dan Hutan Mati.

Gunung Papandayan juga memiliki beberapa kawah, dan kabut yang melingkupinya akan membuat suasana pendakian menjadi lebih menyenangkan. Gunung ini berada di sekitar Garut, tidak terlalu jauh dari Terminal Guntur Garut.

Bila memiliki waktu, paling tidak saat weekend, sempatkanlah diri untuk mendaki Gunung Papandayan, yang juga akan sangat cocok dijadikan destinasi weekend getaway.

Gunung Prau

Bertempat di Wonosobo, Jawa Tengah, bisa dibilang bahwa Gunung Prau ini merupakan salah satu gunung favorit pendaki di Jawa Tengah.

Pesona utama yang ditawarkannya adalah keindahan golden sunrise yang dicap sebagai salah satu pemandangan matahari terbit terbaik di Asia.

Tak heran, hampir sepanjang tahun salah satu gunung Indonesia terbaik ini selalu ramai pendaki sehingga terkadang susah untuk mencari spot mendirikan tenda di sana.

Gunung Semeru

Gunung Semeru sudah sangat populer di kalangan pendaki, bahkan bagi mereka yang belum pernah mendaki sekalipun.

Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa juga menjadi impian setiap orang untuk ditaklukkan. Setiap orang tentunya sangat tertantang untuk menaklukkan gunung yang satu ini.

Sebagai ‘Atap Pulau Jawa’, Gunung Semeru memiliki ketinggian 3676 mdpl, berada dalam peta wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

Gunung ini memiliki pesona dan tingkat risiko dalam porsinya sendiri, sehingga menuntaskan pendakian melewati Ranu Kumbolo hingga mencapai Puncak Mahameru adalah sebuah kebanggaan dan pengalaman yang sangat mungkin untuk tidak dilupakan seumur hidup. Dakilah Gunung Semeru paling tidak sekali seumur hidup!

Nah, dari sekian banyak gunung keren yang ada di tanah air kita, inilah 5 rekomendasi gunung terbaik yang wajib banget kamu datangi.

Perlu diingat bahwa setiap gunung memiliki tingkat kerumitan dan tantangannya sendiri sehingga persiapkanlah diri sebaik mungkin saat mendakinya.

Ingatlah bahwa pulang ke rumah dengan selamat selalu menjadi indikator kesuksesan pendakian. Dan jangan lupa tetap jaga kebersihan, jaga kelestarian, dan jaga pesona alamnya. Semoga bermanfaat dan salam lestari! (mg1)