Toilet di Destinasi Wisata Banyak yang Jorok, Satgas Toilet Indonesia Resmi Dibentuk

Senin, 08 Februari 2021 10:55
Toilet di Destinasi Wisata Banyak yang Jorok, Satgas Toilet Indonesia Resmi Dibentuk
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno secara resmi telah bentuk Satgas Toilet Indonesia. Satgas ini hadir sebagai respon banyaknya toilet di Indonesia, khususnya di tempat-tempat wisata, yang jorok.

Satgas ini bakal bekerja di seluruh objek pariwisata di Indonesia. Langkah ini diambil demi menjaga kebersihan toilet dan secara tidak langsung menjaga reputasi pariwisata Indonesia. 

“Satgas toilet Indonesia yang kami gagas merupakan konsep dari penyiapan destinasi wisata tidak hanya dari sisi infrastruktur yang terlihat tapi juga dari fasilitas penunjang berupa toilet,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan resminya.

Sandiaga mengaku sudah melihat di beberapa destinasi pariwisata mulai membentuk sendiri Satgas seperti ini. Karena itu, Kemenparekraf akan menyerahkan kepada komunitas masing-masing untuk menjalankan satgas toilet dengan seragam cokelat, yang dikenal dengan Pasukan Cokelat.

Baca: Segar…Dua Sajian Healthy Juice Ada Disini

BACA JUGA:  Sandiaga Uno: KKP Itu Harus Jadi Kontributor Sektor Pangan

“Ini untuk menciptakan destinasi wisata yang bersih, sehat dan aman. Jadi saya nanti akan jadi Chief Toilet Officer, jadi nanti saya punya Deputi Satgas Toilet di setiap destinasi pariwisata di Indonesia. Ini yang kita harapkan untuk dijaga dan dirawat betul toiletnya sesuai dengan standar bermutu untuk menerima pariwisata mancanegara dan lokal,” ungkap Sandiaga. 

Dia menekankan, bahwa Satgas ini harus bermula dari gerakan masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan hasilnya akan dinikmati masyarakat. Dia juga yakin kalau pariwisata di wilayah akan meningkat jika kebersihan toilet selalu terjaga, sehingga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar. (bpc2)