Selalu Ditampilkan, Siapa Pencipta Tari Persembahan Riau?

Selasa, 11 Februari 2020 13:56

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tari Persembahan saat ini selalu ditampilkan dalam acara-acara resmi, terutama di pemerintahan di Provinsi Riau. Namun, siapa dan kapan tari persembahan diciptakan?

Tari persembahan ini ternyata diciptakan oleh budayawan Riau, OK Nizami Jamil. Dia adalah anak dari Orang Kaya Muhammad Jamil, sekretaris Sultan Syarif Kasim II.

Saat ditemui bertuahpos.com, Selasa 11 Februari 2020, OK Nizami Jamil mengatakan tari persembahan ini diciptakannya pada tahun 1957. Saat itu, dia masih berada di bangku SMA.

Saat itu, akan diadakan Kongres Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Riau di Pekanbaru, yang diikuti ikatan pelajar dan mahasiswa Riau dari seluruh Indonesia. Namun, ternyata tidak ada sebuah tarian untuk menyambut tamu.

Baca: Swiss Bellin dan Ska Co Ex Target 1000 Tamu Hadiri Perayaan Imlek

OK kemudian menciptakan sebuah tarian bersama rekannya, Johan Syarifuddin untuk dipersembahkan ke tamu kehormatan saat pembukaan Kongres Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Riau tersebut. Tari tersebut awalnya diberi nama “Tari Makan Sirih”.

“Jadi khusus waktu acara itu, ada tarian. Itulah Tari Persembahan, yang saat itu namanya Tari Makan Sirih, dengan lagu pengiring makan sirih,” ujar OK.

Tanggal 17 Oktober 1957, tari makan sirih pertama kali ditampilkan di Gedung SMA Setia Dharma Pekanbaru, dalam pembukaan Kongres Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Riau.

Tari Makan Sirih ini kemudian terus dikembangkan, dan terjadi perubahan namanya menjadi Tari Persembahan. Hingga kini, Tari Persembahan terus ditampilkan sebagai tanda penghormatan dan selamat datang kepada tetamu di Riau. (bpc2)