Sekolah Tinggi Ini Bukan untuk Manusia Tapi Beruk, Mereka Dapat Tugas Khusus

Sabtu, 25 Juli 2020 18:20
Sekolah Tinggi Ini Bukan untuk Manusia Tapi Beruk, Mereka Dapat Tugas Khusus
Foto: NET.Z

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Jumat kemarin, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar berkunjung ke Kota Pariaman, Sumatera Barat. Dia mengapresiasi Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) yang terdapat di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Sekolah Beruk ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Apar.

Sekolah Beruk ini memang sudah lama ada. Mengutip tempo.co, beruk, jenis kera ekor pendek dan kecil memiliki tugas khusus. Oleh sebab itu mereka disekolahkan di STIB ini. “Itu termasuk inovasi yang luar biasa,” kata Abdul Halim Iskandar saat berkunjung ke Kota Pariaman.

Advertisement

Dia mengatakan, tugas utama para beruk memanjat pohon kelapa dan memetik buah kelapa sesuai kebutuhan. Mnurut Abdul Halim Iskandar, ini adalah tugas yang tidak mudah untuk orang zaman sekarang. “Perlu keahlian khusus dalam memanjat dan memilih buah kelapa,” katanya.

“Beruk bisa membedakan mana kelapa yang harus diambil dan mana yang tidak. Saya tahu betul di desa saya juga ada pohon kelapa.”

Baca: Chinese dan Western, Yuk Nikmat Paket Table Manner Furaya Hotel Pekanbaru

Pelatihan untuk beruk itu juga menarik perhatian wisatawan. Bahkan keunikan Sekolah Beruk tersebut sempat memicu kehebohan bagi wisatawan Cina yang datang ke Kota Pariaman pada awal 2020. (bpc2)