Kebijakan Pelonggaran Kredit OJK Dukung Ekonomi Masyarakat

Sabtu, 25 Juli 2020 18:36
Kebijakan Pelonggaran Kredit OJK Dukung Ekonomi Masyarakat

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pandemi COVID-19 telah berdampak besar menurunkan perekonomian global, nasional hingga ke tingkat lokal. Sektor riil, pekerja harian dan kegiatan ekonomi yang membutuhkan pertemuan fisik, mengalami kesulitan dan tekanan yang dalam.

“Kami di DPR RI, terus mendorong pemerintah dan otoritas ekonomi. Agar mereka mengambil kebijakan yang meringankan beban masyarakat,” ujar anggota Komisi XI DPR RI Jon Erizal, dalam penyuluhan jasa keuangan bersama OJK, Sabtu 25 Juli 2020 di Pekanbaru, Riau, dalam keterangan resmi yang dikirim OJK Riau.

Advertisement

Di sektor jasa keuangan, kata dia, pihaknya terus mengawasi pelaksanaan kebijakan stimulus OJK yang mengatur pelonggaran kredit perbankan dan lembaga keuangan non bank bagi nasabah dan debitur.

Dia mengungkapkan, kebijakan pelonggaran pembayaran kredit turut meringankan beban masyarakat bawah, terlebih para pekerja harian di sektor informal.

Baca: Tekanan Jual Sedikit Mereda, IHSG Naik 33 Poin

“Kami minta OJK selalu mengantisipasi, menyiapkan dan mengembangkan kebijakan lanjutan karena kita belum tahu kapan pandemi benar-benar teratasi,” ungkapnya.

Kepala OJK Provinsi Riau Yusri berharap, masyarakat dapat memanfaatkan kebijakan OJK melalui komunikasi yang baik dengan pihak bank. Seperti perusahaan pembiayaan, atau lembaga keuangan lain yang memberi kredit.

“Ada banyak bentuk pelonggaran yang diberikan oleh lembaga keuangan sesuai hasil kajian, atau asesmen oleh lembaga keuangan terhadap tiap nasabah atau debitur,” kata Yusri.

Dalam rangka ikut serta meringankan beban masyarakat, dilaksanakan juga memberikan bantuan 500 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di Kota Pekanbaru, Riau.

Diharapkan bantuan yang di berikan tidak hanya berasal dari pemangku kepentingan dan lembaga-lembaga negara seperti pemerintah dan lembaga lainnya. Tapi bagi masyarakat yang mampu, diharapkan juga bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. (bpc2)