Pandemi Corona, Semua Tujuan Wisata Terhenti, 30 Juta Pekerja Terdampak

Senin, 18 Mei 2020 14:43

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio menyebutkan semua tujuan wisata di Indonesia menjadi terhenti akibat pandemi corona atau covid-19.

Akibatnya, ada 2.000 hotel yang terpaksa menghentikan operasional. Belum lagi hunian-hunian kecil. Industri penerbangan juga mengalami hal yang sama.

Di sektor pekerja, akibat pandemi ini, ada 30 juta pekerja wisata yang terdampak langsung. Mereka kehilangan penghasilan karena tak ada kegiatan pariwisata yang berjalan. Tak hanya itu, 34 juta orang lainnya juga merasakan dampak tak langsung berhentinya kegiatan wisata.

“Fokus kami sekarang adalah membantu mereka bertahan hidup,” ujar Wishnutama

Baca: Cek Daerah di Riau yang Akan Diguyur Hujan Hari Ini

Dikatakan Wishnutama, masyarakat juga bisa membantu para pekerja wisata ini, seperti dengan membeli produk-produk UMKM, teman, atau tetangga. Menurut dia, cara tersebut bisa meningkatkan kembali gairah perekonomian Indonesian.

Cara lain, menurut dia, adalah menerapkan protokol kesehatan kepada sektor pariwisata, seperti hotel, restoran, tempat rekreasi, dan lainnya, dilansir dari republika.co.id. (bpc2)