Duduk Santai di Taman Renungan Pancasila Bersama Patung Presiden Soekarno

Kamis, 01 Juni 2017 15:14

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Jika Anda berkunjung ke Kota Ende, Nusa Tenggara Timur, Anda jangan melewatkan taman ini. Taman ini merupakan saksi bisu lahirnya lima butir Pancasila yang dibuat oleh Presiden Republik Indonesia (RI) saat itu. Sehingga taman ini diberi nama Taman Renungan Pancasila atau disebut pula Taman Renungan Bung Karno.

Dahulu di taman ini ada sebuah pohon sukun yang cukup besar dan rindang. Uniknya pohon ini memiliki cabang dari bawah sebanyak lima. Di bawah pohon inilah Sukarno sering duduk untuk membaca buku-bukunya dan menatap ke arah laut Teluk Sawu, tepat menghadap ke pulau Ende. Pohon sukun bercabang lima ini pula yang menjadi inspirasi terciptanya istilah Pancasila. Namun sayang pohon sukun tersebut telah lama tumbang, dan kini digantikan dengan pohon sukun yang baru.

Saat ini, taman yang bersebelahan dengan Lapangan Perse (Lapangan Pancasila) ini, amat rindang dan menenangkan. Kini taman ini sudah dipercantik berkat arsitek Andra Martin. Di samping pohon sukun ini terdapat bangku yang panjangnya sekitar 17 meter. Patung Sukarno yang terbuat dari bahan perunggu karya perupa Hanafi, tampak duduk di atas bangku itu. Tepat di bawahnya ada kolam air berukuran 8×45 meter. Ukuran ini tak sembarangan dibuat, yakni disesuaikan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

Jika berlibur ke Ende, Nusa Tenggara Timur, jangan lupa berkunjung ke Taman Pengasingan Bung Karno ini, ya. Selain bisa duduk-duduk, Anda juga bisa berfoto dengan patung Bung Karno. (bpc9)

Baca: Terbaru Gerai Melayu Food Ala Hotel Furaya