Dispar Riau Baru Akan Susun Terget Kunjungan Wisatawan 2020

Kamis, 02 Juli 2020 10:07
Dispar Riau Baru Akan Susun Terget Kunjungan Wisatawan 2020
Festival Perahu Naga di Kampar Riau.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sejak awal wabah COVID-19 melanda, ada ‘kesan’ pesimis. Sebab wabah ini akan sangat berdampak terhadap sektor pariwisata lokal Riau.

Anjuran social disetencing, psical distencing hingga ditutupnya sektor industri, termasuk penerbangan, semakin menambah keyakinan itu.

Advertisement

“Dengan kondisi itu akhirnya untuk target kunjungan wisatawan sebaiknya ditunggu dulu. Meski kami tidak mengetahui secara pasti kapan kondisi ini akan berakhir,” ungkap kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahmat, Kamis, 02 Juli 2020.

“Semakin ke sini, mulailah ada kelonggaran kebijakan dari pemerintah, sampailah pada sektor pariwisata yang diizinkan untuk dibuka kembali,” sebutnya.

Baca: Steamboat, Makanan Wajib Dicoba di Furaya Hotel

Sampai hari ini, Riau belum punya terget kunjungan wisatawan untuk 2020. Roni mengatakan terget itu baru akan disusun setelah dangan harapan baru di kehidupan baru tengah pendemi corona.

Bagi dia ini memang agak sulit mengatur semua ini, namun harus dilakukan karena sektor pariwisata lokal Riau juga sangat berperan terhadap kondisi ekonomi masyarakat terutama di sekitarnya.

Dampak pandemi juga, beberapa iven wisata berbasis nasional dan internasional di Riau juga terpaksa di batalkan. Seperti agenda wisata budaya Bakar Tongkang di Rohil, Pacu Jalur di Kuansing dan beberapa kegiatan wisata lainnya.

Pariwisata lokal Riau

Tour de Siak

Para bupati di masing-masing daerah itu lebih mengedepankan sisi kesehatan dan tak mau ambil risiko dengan penyelenggaraan kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak.

“Hanya ada 2 iven besar yang kemungkinan besar bisa diselenggarakan untuk tahun ini. Tour de Siak di Kabupaten Siak, dan Dragon Boat atau festival Perahu Naga di Kabupaten Kempar.

Kedua kegiatan ini akan dilangsungkan sekitaran November dan Desember nanti. Dan kepala daerah menyanggupi terselenggaranya kegiatan itu,” sebutnya. (bpc2)