Coba Yuk… Ini Resep Cake Tape Sewridil

Jumat, 11 September 2020 11:02
Coba Yuk… Ini Resep Cake Tape Sewridil

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Banyak cara orang mengisi hari-hari di masa pandemi dengan kegiatan yang bermanfaat. Bagi pedagang kue, seperti biasanya tentu mengisi hari dengan aktivitas berjualan memanfaatkan teknologi daring. Sehingga jual beli tetap terjaga, meskipun omset yang pasti akan berkurang. 

Bagi pegawai yang biasa ngantor, tentu kegiatan melalui work frokm home (WFH) akan banyak penyesuaian. Nah, untuk menyiasati kejenuhan, kegiatan membuat kue salaha satu jalan keluar ketika aktivitas bekerja secara daring mulai membosankan.

Advertisement

“Ya, sebenarnya saya teh senang membuat kue, bahkan cita-cita saya teh jadi tukang masak, tapi yah karena falsafah hidup saya itu seperti air mengalir, makanya kalau lagi WFH gini ya buat kueh jadi tambah semangat,” kata Umi Nina dengan dialeg Sundanya, saat berbincang dengan Bertuahpos.com, Jumat, 11 September 2020.

Bagi wanita penyuka somay dan bakso ini, kegiatan membuat kue modifikasi jadi kesukkaannya. Seperti pekan ini ia membuat Cake Tape Sewridil. 

Baca: Cara Membuat Anggaran Berwisata

“Ah itu…, sebutan yang saya berikan saja. Maksudnya ada toping keju yang banyak di atas bolu tapenya,” terang bu dosen di salah satu perguruan tinggi swasta ini.

Lalu bagaimana cara membuat bolu tape yang lembut nikmat di lidah? Kata Umi Nina bahan-bahan umum terdiri dari 6  butir telur ayam negeri, 240 gr gula pasir, ¼ sendok teh garam, ½ sendok teh vanili, dan  ½ sendok teh pengembang kue. Kemudian bahan-bahan utama yang pasti terdiri dari 450 gr tape singkong matang, 380 gr tepung terigu, dan 300 gr blueband.

Bahan bahan inilah kemudian diracik menjadi cake dengan langkah-langkah yang simpel. 

Pertama, Telur dan gula di mixer sampai mengembang +_ 15 menit. Kemudian masukkan tapai yg telah dihaluskan. Lanjutkan dengan memasukkan margarin yg telah di cairkan terlebih dahulu. Tahap berikutnya tetap dimixer dengan kecepatan lambat. 

“Nah, dari situ, baru masukan tepung, yang kemudian terus diaduk hingga rata. Tapi jangan lupa susu bubuknya dan setengan sendok baking powder nya. Baru setelah bahan tercampur rata, panggang dengan api sedang dan rata selama 45 menit di dalam sehuah wadah cetak bolunya atau baking pan,” pesan wanita beranak dua ini. 

Setelah matang, angkat dan sajikan. Selamat menikmati.

Nah…, bagaimana ibu-ibu dan kakak-kakak di rumah, gampang membuat tape keju ini? Cocok disajikan dalam masa pandemi di tengah keluarga, atau bagi yang punya jiwa usaha, bisa dimulai dari usaha cake tape keju ini. Siapa tahu ada rejeki. Cus, Cobain ya….

(bpc5)