Tips Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi

Jumat, 11 September 2020 11:10
Tips Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Covid-19 telah menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan. Tingginya jumlah pengangguran tentu saja tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia (tips mencari pekerjaan di masa pandemi).

Dalam kondisi seperti ini pula, ada banyak oknum yang mencoba mencari keuntungan dengan cara yang tidak benar. Situs-situs lowongan pekerjaan abal-abal pun bermunculan. Sebab itu Anda sebaiknya berhati-hati dalam memilih peluang kerja untuk menyambung hidup.

Advertisement

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak ditipu oleh situs-situs lowongan kerja bodong. Simak tips mencari pekerjaan di masa pandemi.

Pertama, Pastikan lowongan kerja harus berasal dari situs atau pun nomor telepon resmi. Bukan dari situs atau domain email gratis apalagi disebarkan melalui pesan singkat lewat telepon pintar.

Baca: VIDEO: Mengintip Pertarungan Dance Ala PBC

Kedua, Hati-hati dengan tawaran, posisi dan iming-iming gaji yang sangat besar atau sangat berbeda dari informasi umum. Bisa jadi ini adalah cara pelaku untuk memancing korban.

Ketiga, Pastikan perusahaan yang dituju adalah perusahaan yang berbadan hukum resmi. Untuk memastikannya anda bisa cek di beberapa laman resmi. Kalau itu berkaitan dengan industri jasa keuangan, maka legalitas perusahaan bisa di cek di situr resmi OJK.

Keempat, Hati-hati jika saat diwawancarai Anda diminta untuk membayar sejumlah uang. Karena menurut Konvensi Internasional ILO No. 88 tahun 1948 Para pekerja tidak boleh dibebani biaya dengan alasan apapun.

Jika anda menemukan hal yang mencurigakan segera laporkan kepada Kementrian Tenaga Kerja atau pihak yang berwajib. (mg1)

Berita Terkini

Rabu, 30 September 2020 04:12

KPID Riau Waspadai Lembaga Penyiaran Siluman Saat Pilkada

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau mewaspadai munculnya ‘lembaga penyiaran siluman’ saat Pilkada Riau 2020. Dalam keterangan resmi yang diterima bertuahpos.com, KPID…

Selasa, 29 September 2020 16:26

Peradaban Islam di Spanyol

#SPANYOL

Selasa, 29 September 2020 15:10

Timnas U-19 akan Tetap Lanjutkan TC di Eropa

#TIMNAS

Selasa, 29 September 2020 13:38

Harga TBS Sawit di Riau Turun Tipis, Ini Daftar Harganya

#HARGATBS