Cagar Alam Rimbo Panti ‘Permata Hijau di Pasaman Timur’

Minggu, 03 Januari 2021 13:31
Cagar Alam Rimbo Panti ‘Permata Hijau di Pasaman Timur’
Cagar Alam Rimbo Panti, “Permata Hijau di Pasaman Barat.” (Net)

BERTUAHPOS.COM, SUMBAR — ‘Permata Hijau di Pasaman Timur’ itulah julukan bagi cagar alam Rimbo Panti. Wilayah ini sangat luas yang terdiri dari hutan belantara, yang terletak di Kabupaten Pasaman Timur. Sejah dahulu kala hingga kini, hutan masih sangat terjaga keasriannya.

Objek wisata ini terletak di Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, berlokasi sekitar 30 kilometer dari ibukota Kabupaten Pasaman. Memasuki taman wisata alam Rimbo Panti kesejukan mulai terasa ketika menembus rimbun pepohonan disisi kiri dan kanan jalan.

Advertisement

Cagar alam Rimbo Panti menyuguhkan panorama alam yang indah, sejuk, dan ditumbuhi banyak varian pohon rindang serta berbagai macam spesies tumbuhan serta hewan yang ada di cagar alam Rimbo Panti.

Bagian dari taman wisata alam Rimbo Panti yang paling menarik adalah kolam air panas yang seolah tiada henti mengalir dari perut bumi. Seperti masuk ke kawah belerang yang penuh uap, namun kolam air panas ini bukanlah kolam air panas yang mengandung belerang seperti kawah gunung. Kemungkinan panasnya berasal dari panas bumi.

Baca: Sambel Nyai Resto, Angkat Konsep Perkampungan di Tengah Kota

Objek wisata ini memiliki kekhasan tumbuhan dan hewan serta sumber air panas dengan keindahan yang menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung kesana. Di kawasan ini juga terdapat kolam pemandian air panas yang terletak di dalam lokasi objek wisata.

Cagar alam Rimbo Panti didominasi oleh pohon beringin (ficus Sp), pohon Ketapang (terminalia catappa), dan juga didominasi habitat fauna seperti rangkong, dan binatang lainnya seperti monyet, ular, rusa dan babi hutan.

Jika anda ingin berlibur maka cagar alam Rimbo Panti bisa menjadi salah satu destinasi. Objek wisata ini  ramai dikunjungi Pada waktu liburan dan pada hari raya. 

Hutan ini adalah habitat satwa langka, memberi keteduhan sekaligus kehangan bagi yang pengunjung atau sekadar istirahat. Ada lebih dari 10 titik air panas di hutan berawa Pasaman ini. 

Di bawah Rimbo Panti, jalur lintas Sumatera membelah. Kawasan ini telah terkenal dari dulu karena merupakan jalur lintas Sumatra, yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara. 

Rimbo Panti telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai cagar alam sejak 1979. Sebagai cagar alam tidak hanya kawasan hutan rawa dan sumber air panas saja yang dilindungi, Rimbo Panti juga menjadi kawasan hutan lindung seluas 2.550 hektar termasuk Bukit Barisan di dalamnya.

Kawasan itu meliputi hutan rawa, hutan hujan tropis, dan hutan sekunder yang merupakan habitat spesies-spesies tumbuhan dan satwa Sumatera berada, termasuk yang terancam punah sekalipun. 

Dari peneliti, tidak sedikit satwa langka yang terekam kamera trap di hutan tersebut. Di antaranya ada Harimau Sumatera, beruang madu, tapir, siamang, simpai, dan murai.

Kawasan itu menarik bagi Anda yang tertarik dengan kehidupan satwa liar.Jangan khawatir, Anda bisa meminta bantuan pemandu pada masyarakat setempat atau pemerintah di area itu untuk mendampingi. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 22 Januari 2021 20:22

Kenapa Mayit Memilih “BERSEDEKAH” Jika Bisa Kembali Hidup ke Dunia?

BERTUAHPOS.COM – ”Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya…

Jumat, 22 Januari 2021 17:34

Kepala Daerah Itu Menentukan Vaksinasi Berhasil Atau Tidak

#Vaksinasi #KepalaDaerah #Corona

Jumat, 22 Januari 2021 17:34

TikTok Didenda Rp13,1 Miliar

#TikTok #aplikasi #Gugat

Jumat, 22 Januari 2021 15:12

Budi Gunadi Akui 3T Covid-19 Salah Sasaran

#3T #BudiGunadi #Menkes

Jumat, 22 Januari 2021 14:45

Antisipasi Banjir dan Longsor UPT PUPR Riau Diminta Siaga 24 Jam

#Banjir #Regional #RiauSumbar

Jumat, 22 Januari 2021 14:34

Belajar Sabar dan Tabah dari Ummu Salamah

#Sabar #Musibah #Islampedia