Corona Varian Baru Menyebar Lebih Cepat

Senin, 06 Juli 2020 10:01
Corona Varian Baru Menyebar Lebih Cepat
Ilustrasi, Net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Virus corona dengan varian baru menyebar lebih cepat dari yang sebelumnya. Bahkan 3-6 kali lebih cepat. Namun hasil riset terbaru menyebutkan corona varian baru ini tidak segawat jenis virus yang pertama kali ditemukan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal ilmiah Cell Kamis, 02 Juli 2020, kesimpulannya  virus hasil mutasi itu lebih cepat menular di antara manusia, sebagaimana dikutip dari DW Indonesia.

Namun, hasil riset tetap harus dicek ulang, begitu yang diutarakan oleh Anthony Fauci, seorang pakar penyakit infeksi dari AS saat tanggapi hasil riset itu dalam Journal: of the American Medical Association.

“Menurut saya, data itu menunjukkan ada  mutasi tunggal sehingga buat virus mampu  bereplikasi baik dan mungkin juga punya muatan virus tinggi,” ujarnya.

Baca: Spesifikasi Canggih Oppo F1 Bikin Tergiur

Para peneliti dari Los Alamos National Laboratory di New Mexico dan Duke University di North Carolina, AS, melakukan kerja sama dengan grup riset genomik COVID-19 di University of Sheffield’s di Inggris dalam melakukan riset laboratorium tersebut.

“Varian baru dari virus ini diberi nama D614G, dan sangat mampu melakukan perubahan kecil tapi signifikan pada protein sehingga mencuat dari permukaan virus yang digunakan untuk menyerang dan menginfeksi sel manusia,” demikian temuan para ilmuwan.

Hasil sementara eksperimen ini dapat kritikan sebab tak membuktikan mutasi itu sendiri yang bertanggung jawab bagi dominasi strain baru Covid-19.

Tim peneliti kemudian menggelar eksperimen lanjutan. Mereka, menganalisis data dari 999%  terinfeksi COVID-19 di rumah sakit di Inggris. Para pakar lalu mengamati bahwa varian baru itu memiliki lebih banyak partikel virus di dalamnya, tapi tidak punya efek bagi gawatnya penyakit pada pasien yang diteliti. (bpc2)

Berita Terkini

Senin, 03 Agustus 2020 16:44

Microsoft Diminta Akuisisi TikTok, Begitu Usulan Trump

#TIKTOK, #MICROSOFT, #TRUMP

Senin, 03 Agustus 2020 15:55

Amitabh Bachchan Sebuh dari Corona

#BOLLYWOOD #COVID-19

Senin, 03 Agustus 2020 14:35

Soal ‘Piramid Dibangun Alien’, Pemerintah Mesir Bereaksi

#ELONMUSK #PIRAMID #ALIEN

Senin, 03 Agustus 2020 13:22

Rocky Gerung, Din Syamsuddin dkk Deklarasi KAMI, Ruhut Sitompul: Deklarasi Nih Ye…

#DINSYAMSUDDIN #RUHUTSITOMPUL

Senin, 03 Agustus 2020 12:47

MotoGP: Rossi Mantab Gabung ke Petronas

#VALENTINOROSSI #MOTOGP