Cara Lihat Hujan Meteor Quadrantid Malam Ini

Minggu, 03 Januari 2021 16:30
Cara Lihat Hujan Meteor Quadrantid Malam Ini

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Fenomena hujan meteor Quadrantid akan terjadi, pada malam ini, Minggu, 3 Januari 2021. Hujan meteor Quadrantid adalah fenomena astronomi yang terjadi pada awal Januari 2021. 

Ini adalah fenomena tahunan. Sudah terjadi sejak 12 Desember hingga 12 Januari setiap tahunnya. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), puncak hujan meteor Quadrantid terjadi pada 4 Januari 2021.

Advertisement

“Puncak aktivitas Quadrantid terjadi pada 3 Januari sekitar pukul 23.00 WIB atau 4 Januari pukul 00.00 WITA/01.00 WIT. Saat fase puncak, peristiwa yang dikenal sebagai ‘meteor bola api’ ini akan melesatkan 60 sampai 200 meteor dengan kecepatan 40,2 km per jam,” bunyi keterangand ari LAPAN.

Fenomena itu juga ditahui sebab ada karakteristik yang menyala terang dan bertahan lebih lama dari meteor biasa.

Baca: 4G Plus Indosat Ooredoo Sasar Pasar Minas, Kandis, Duri dan Dumai

Hal itu karena potongan meteor yang lebih lebih besar dari rata-rata. Peristiwa antariksa ini tentu menarik untuk diamati oleh warga bumi. Cara mengamati hujan meteor pertama tahun ini tidak perlu alat khusus.

NASA melaporkan paling balik dilihat dari belahan bumi utara. Kita dapat melihat metor itu melesat pada malam hari dan jam menjelang fajar. Kita dianjurkan melihat hujan meteor ini dari area yang minim penerangan.

Melihat hujan meteor dianjurkan sembari berbaring telentang dengan kaki menghadap timur laut serta kedua mata mengarah ke langit. Dalam waktu kurang dari 30 menit dalam kegelapan, mata Anda akan beradaptasi dan mulai melihat meteor melesat. Kita akan terus melihat meteor bergerak hingga fajar.

Mengutip Digital Trends, Quadrantid tidak seperti hujan meteor pada umumnya yang mengalami fase puncak selama beberapa hari. Puncak Quadrantid mungkin hanya berlangsung beberapa jam. Di samping itu kita juga mungkin harus sedikit waspada dengan cahaya bulan yang mungkin akan lebih terang dari meteor. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 20 Januari 2021 15:32

Apple Digugat, Telegram Diminta Dihapus dari App Store

#aplikasi #telegram apple

Rabu, 20 Januari 2021 14:34

Ini 10 Rumah Sakit di Riau Terbanyak Merawat Pasien Covid-19

#kesehatan #rumahsakit #regional

Rabu, 20 Januari 2021 13:31

Diduga Terjalin Komunikasi, KPK Dalami Keberadaan Harun Masiku dari Saudaranya

#HarunMasiku #KPK #Korupsi

Rabu, 20 Januari 2021 12:30

AS Yakin China Melakukan Genosida dan Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Muslim Uighur

#china #as #uighur #internasional

Rabu, 20 Januari 2021 11:56

Honda Kritisi Filipina Soal Impor Mobil

#otomotif #impor #filipina