Asteroid yang Bakal Melintas Dekat Bumi Bisa Hancurkan 1 Benua, Memicu Gempa Hingga Tsunami

Sabtu, 15 Februari 2020 05:02

BERTUAHPOS.COM – Nama resminya adalah 2002 PZ39. Asteroid ini akan bergerak dengan kecepatan 57.240 Km/jam. Ukurannyapun sangat besar. Jika menghantam bumi maka 1 benua akan sirna dan dapat memicu gempa hingga tsunami.

PILIHAN REDAKSI

Begitu menurut NASA, asteroid ini bahkan dijuluki sebagai salah satu asteroid killer atau pembunuh. Asteroid ini akan melintasi bumi pada hari ini, Sabtu, 15 Februari 2020.

NASA memperkirakan benda luar angkasa ini juga bakal melintasi bumi pada Selasa pekan depan karena orbitnya bersinggungan dengan orbit bumi dengan jarak 251 mil dari bumi.

Baca: Pengguna Facebook Akan Bisa Lakukan Panggilan Telepon?

“Tentu saja ini jadi objek yang perlu kita perhatikan,” ungkap ahli astrofisika Jonathan McDowell dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian, seperti dilansir dari Boston Herald yang ditulis CNBC Indonesia.

McDowell mengatakan mungkin asteroid itu tidak akan membuat manusia punah, tapi dengan ukuran dan kecepatannya itu diyakini akan membuat bumi bebeda.

Melihat ukuran asteroid 2002 PZ39, Johathan MCDowell mengungkapkan, bahwa asteroid adalah ancaman eksistensial dalam jangka panjang untuk spesies manusia.

“Ketika asteroid ini jatuh ke Bumi akan membuat kawah besar. Melemparkan sejumlah besar material Bumi ke atmosfer. Itu akan memusnahkan kehidupan sejauh ribuan mil,” sebutnya. (bpc3)