Tumbuh Subur di Kampar, Inilah Manfaat Buah Nenas

Jumat, 14 Februari 2020 12:09

BERTUAHPOS.COM – Di Desa Kualu Negas, Kampar, Riau, merupakan salah satu pusat produksi buah nenas. Buah nenas dari desa ini banyak dijadikan sebagai bahan baku utama produksi oleh-oleh khas Kampar, seperti keripik kenas.

Namun banyak orang yang beranggapan bahwa nenas adalah makanan tajam sehingga membuat lidah yang memakannya menjadi tidak nyaman. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa buah nenas juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Terutama bisa mengantisipasi penyakit berbahaya. Berikut ini manfaat buah nenas.

Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah kita bahas di atas, nanas mengandung enzim bromelain yang mampu mempercepat metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh kita lancar, pembakaran lemak menjadi energi bukan lah hal yang susah. Alhasil, berat badan tubuh pun lebih cepat berkurang dan stabil.

Menjaga Kesehatan Jantung

Baca: Tidak Semua Pejuang Bisa Disebut Veteran, Berikut Kriterianya

Dilihat dari daftar kandungan nanas di atas, salah satu zat baik yang dimiliki oleh buah kuning ini adalah potasium. Potasium merupakan zat yang berkerja untuk menyeimbangkan air dalam tubuh. Zat ini baik bagi jantung karena kelebihan air dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Kandungan nanas lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung adalah Vitamin C. Zat ini dapat mencegah gangguan pada pembuluh darah akibat kolesterol jahat.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat air rebusan nanas berikutnya adalah mencegah radikal bebas. Untuk kalian yang sering meluangkan waktu di luar rumah, mengkonsumsi nanas dapat membantu tubuh kita terhindar dari efek buruk sinar UV matahari. Vitamin C yang terkandung dalam nanas merupakan tameng yang melindungi kulit dan organ dalam tubuh kita.

Membunuh Parasit Intestinal

Menurut sebuah studi, mengkonsumsi jus dan air rebusan nanas selama 3 hari di pagi hari dapat membunuh parasit intestinal. Parasit ini merupakan sumber dari penyakit cacingan. Bila didiamkan terlalu lama, parasit intestinal juga dapat menyebabkan radang usus.

Mencegah Kanker

Manfaat air rebusan nanas selanjutnya adalah mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Air buah nanas tidak hanya mampu mencegah radikal bebas, sel-sel kanker yang tumbuh dalam tubuh kita juga dapat mati bila dilawan dengan zat baik di dalam nanas. Jenis sel kanker yang terbukti kalah melawan zat baik nanas adalah kanker prostat.

Menyehatkan Mata

Memburuknya penglihatan seiring bertambahnya umur merupakan proses yang normal. Akan tetapi, tahu kah kamu bahwa kita bisa mencegah proses tersebut tanpa harus menjalani operasi retina? Ya, atasi saja dengan air rebusan nanas! Air rebusan nanas mengandung beta karoten yang bila dikonsumsi berubah menjadi Vitamin A. Meminum air nanas di pagi hari selama 5 hari juga terbukti dapat menghilangkan pegal-pegal di daerah mata karena terlalu banyak membaca atau melihat gadget.

(bpc3)

Berita Terkini

Selasa, 25 Februari 2020 15:18

Persiapkan Siswa, SMA PGRI Pekanbaru Gelar Simulasi UNBK

SEKOLAH

Selasa, 25 Februari 2020 14:16

Makin Pedas! Harga Cabai di Pekanbaru Rp54.000 Sekilo

BAHAN POKOK

Selasa, 25 Februari 2020 13:34

Harga Mobil Great Corolla Bekas Tahun 1995

OTOMOTIF

Selasa, 25 Februari 2020 12:41

Satu Lagi Penumpang Diamond Princess Meninggal Dunia

INTERNASIONAL

Selasa, 25 Februari 2020 12:33

DPRD Kritik Sikap Pemko Pekanbaru Terhadap Pedagang STC

BUSINESS

Selasa, 25 Februari 2020 11:22

Demo STC: Pedagang Minta Tangguhan Waktu Hingga Lebaran

BUSINESS

Selasa, 25 Februari 2020 09:45

Korban Meninggal Akibat Corona Sudah 2.663 Jiwa

INTERNASIONAL

Selasa, 25 Februari 2020 09:20

20 Hotspot Muncul di Riau

REGIONAL