Tanda-tanda Orang Bertakwa

Jumat, 14 Februari 2020 13:24
Tanda-tanda Orang Bertakwa

BERTUAHPOS.COM – Allah SWT selalu menegaskan kepada umatnya agar selalu bertakwa kepadaNya. Takwa dalam artian mendekatkan diri kepada Allah dan selalu menjauhkan diri dari segala perbuatan yang dilarangnya.

“Orang-orang bertakwa punya ciri-ciri khusus. Dalam banyak riwayat juga dijelaskan tanda-tanda orang bertakwa,” kata Ustaz Mukhlis dalam khutbahnya, Jumat, 14 Februari 2020. Diantara tanda-tanda orang bertakwa sebagai berikut:

Orang yang ikhlas bersedekah walau dia membutuhkannya

Salah satu tanda orang bertakwa adalah mereka yang rela memberikan hartanya kepada orang lain yang membutuhkan walaupun pada prinsipnya dia membutuhkan harta tersebut. Kondisi seperti ini pernah terjadi pada saat rasul hijriah yang melibatkan kaum Muhajirin dan Anshar.

Orang yang mampu mengendalikan amarahnya.

Marah akan memberikan dampak negatif terhadap diri sendiri baik secara fisik maupun secara mental. Orang yang kuat adalah orang bisa mengendalikan marak. Bukan orang yang gagah.

Baca: Benarkah Wanita Haid Dilarang Keramas?

Bagaimana cara mengendalikan amarah? Islam mengajarkan mengendalikan amarah dengan cara berwudhu. Karena marah berasal dari iblis yang diciptakan dengan api, maka dilawan dengan wudhu.

Orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain.

Sifat pemaaf sudah ditunjukkan oleh Nabi Muhammad bagaimana orang kafir menentang dan ingin membunuhnya. Meski demikian Rasul memaafkan segala perbuatan jahat yang dilakukan kepadanya. Rasul memiliki sifat pemaaf yang luar biasa.

(bpc3)