Resensi Novel Lingkar Tanah Lingkar Air: Ketika Laskar DI Ingin Berjuang Demi Republik

Senin, 20 April 2020 19:54
Resensi Novel Lingkar Tanah Lingkar Air: Ketika Laskar DI Ingin Berjuang Demi Republik

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Mengisi waktu selama #dirumahaja, membaca bisa menjadi kegiatan yang positif. Salah satu yang layak dibaca adalah novel bertemakan perjuangan karya Ahmad Tohari dengan judul Lingkar Tanah Lingkar Air.

Novel ini mengambil latar Indonesia yang baru merdeka, dan ada seorang laskar Darul Islam (DI) bernama Amid. Meski menjadi laskar DI yang memberontak kepada pemerintahan presiden Soekarno, namun Amid sebenarnya bercita-cita menjadi tentara republik.

Perjuangan Amid ditengah hutan tidaklah mudah. Dia harus sering berpindah karena selalu diburu tentara republik. Batin Amid selalu bergolak, disatu sisi dia sudah terlanjur menjadi musuh republik, namun disisi lain hatinya selalu menginginkan kesempatan untuk berjuang demi republik.

Masalah Amid kian besar saat dia memiliki isteri, dan tengah hamil tua. Amid harus membawa isterinya kedalam hutan, sambil terus menghindari kejaran tentara.

Baca: Menulis pun Bisa Menghasilkan Uang

Cita-cita Amid untuk berjuang demi republik akhirnya tercapai ketika DI sudah menyerah dan terjadinya peristiwa G30S. Namun, harga yang harus dibayar Amid sangat mahal.

Novel Lingkar Tanah Lingkar Air ini, memberikan sudut pandang perjuangan laskar-laskar DI yang memberontak kepada pemerintahan saat itu. Pembaca akan diberi latar belakang hingga pendorong seseorang menjadi laskar DI, bahkan saat dia bercita-cita menjadi tentara republik seperti tokoh Amid.

Novel ini dicetak oleh Gramedia pada tahun 2015. Mempunyai 168 halaman, pembaca dijamin tidak akan melewatkan satu halamanpun. (bpc2)