Warga di Bantaran Sungai di Riau Diminta Waspadai Potensi Banjir

Jumat, 27 November 2020 15:32
Warga di Bantaran Sungai di Riau Diminta Waspadai Potensi Banjir
Banjir di wilayah Assam, India. 3 juta orang terpaksa mengungsi. (Foto: EPA-EFE/STR)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Warga yang bermukim di bantaran sungai di Riau diminta untuk selalu waspada terhadap potensi banjir akhir tahun 2020. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memperkirakan banjir akan terjadi pada Desember – Januari 2020.

“Warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai kami harap bisa mewaspadai potensi banjir. Terutama pada saat intensitas hujan sudah mulai tinggi,” kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Jumat, 27 November 2020 di Pekanbaru.

Advertisement

Sebelumnya, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan sejumlah daerah yang berpotensi banjir. Diantaranya, Kampar yang merupakan daerah paling awal terdampak banjir saat pintu waduk PLTA Koto Panjang dibuka.

Kemudian daerah lainnya yang juga dianggap rawan banjir, yakni Kabupaten Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Pelalawan, Indragiri Hulu dan beberapa daerah lainnya.

Baca: Sumbar Tambah Personel di Perbatasan Riau-Sumbar

Edwar mengatakan, terhadap daerah-daerah ini diminta untuk bersiap diri dari sisi sarana prasarana dalam upaya penanganan banjir di masing-masing daerah.

Bahkan pihaknya juga telah melakukan simulasi penanganan korban banjir, jika sewaktu-waktu terjadi jadi banjir. Sehingga pihaknya siap turun melakukan evakuasi korban banjir.

Dia menambahkan, BPBD Provinsi sejauh ini hanya bersifat untuk mem-backup daerah-daerah tersebut jika membutuhkan bantuan dalam upaya penanganan musibah banjir.

“Jika daerah membutuhkan bantuan kita siap menurunkan personel. Mudah-mudahan jangan sampai terjadi banjir. Sejauh ini masih banjir pasang air laut, seperti di Inhu, Inhil, Dumai, dan Kepulauan Meranti,” tutupnya. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 20 Januari 2021 15:32

Apple Digugat, Telegram Diminta Dihapus dari App Store

#aplikasi #telegram apple

Rabu, 20 Januari 2021 14:34

Ini 10 Rumah Sakit di Riau Terbanyak Merawat Pasien Covid-19

#kesehatan #rumahsakit #regional

Rabu, 20 Januari 2021 13:31

Diduga Terjalin Komunikasi, KPK Dalami Keberadaan Harun Masiku dari Saudaranya

#HarunMasiku #KPK #Korupsi

Rabu, 20 Januari 2021 12:30

AS Yakin China Melakukan Genosida dan Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Muslim Uighur

#china #as #uighur #internasional

Rabu, 20 Januari 2021 11:56

Honda Kritisi Filipina Soal Impor Mobil

#otomotif #impor #filipina