Wajib Punya Kamar Mandi di Kamar Tidur, Isolasi Mandiri di Rumah Ditentukan Pemerintah

Selasa, 20 Oktober 2020 07:32
Wajib Punya Kamar Mandi di Kamar Tidur, Isolasi Mandiri di Rumah Ditentukan Pemerintah
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah telah memberlakukan syarat kepada setiap warga yang dianggap boleh lakukan isolasi mandiri di rumah. Ketentuan ini berlaku sebagai syarat mutlak sesuai dengan peraturan yang telah diterbitkan. Jika tidak, mereka wajib diisolasi pada tempat-tempat yang sudah disiapkan pemerintah.

Salah satu syaratnya — isolasi mandiri di rumah —  kamar tidur tempat isolasi mandiri wajib memiliki fasilitas kamar mandi. “Kalau tidak tersedia fasilitas seperti itu di rumah, sebaiknya isolasi mandiri ke tempat yang sudah disediakan pemerintah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir.

Advertisement

Fasilitas yang disediakan pemerintah untuk isolasi mandiri, dikhususkan kepada warga positif corona namun tidak bergejala atau OTG, atau orang terkonfirmasi positif namun bergejala ringan. Mimi menjelaskan, OTG atau orang dengan gejala ringan (Covid-19) dengan sendirinya akan sembuh dari paparan virus.

Isolasi mandiri — di tempat yang telah disediakan pemerintah — dimaksud sebagai langkah antisipasi dini lonjakan pasien, agar ketersediaan ruang isolasi di rumah sakit benar-benar diperuntukkan kepada pasien positif corona dengan gejala berat. Yang perlu dilakukan terhadap mereka yang akan menjalani isolasi mandiri, adalah penangan secara benar. Ini menjadi petugas kesehatan di Puskesmas masing-masing.

Baca: Kasus COVID-19 Meningkat, Riau Siapkan 1.000 Ruang Isolasi

Selain di dalam kamar memiliki fasilitas kamar mandi sendiri, orang yang melakukan isolasi mandiri diwajibkan tidak melakukan kontak dengan orang lain yang tinggal serumah atau keluarga. OTG atau pasien dengan gejala ringan akan mengurung diri di kamar dengan ketersediaan vitamin cukup untuk meningkatkan imun tubuh, dan kondisi kesehatan harus dilakukan pemeriksaan secara berkala.

“Selama syarat-syarat ini terpenuhi, maka tak ada persoalan mereka akan melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun jika syarat-syarat tersebut tidak bisa dipenuhi. Kami menyarankan sebaiknya mereka melakukan isolasi mandiri di tempat-tempat yang sudah disediakan pemerintah,” ucap Mimi.

Di Pekanbaru, sudah ada beberapa tempat untuk isolasi mandiri yang disediakan pemerintah. Misalnya, balai Diklat BPSDM Riau di Jalan Ronggowarsito, Pekanbaru. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 02 Desember 2020 17:35

Jokowi, Antara Optimis dan Warning Covid-19

#jokowi #covid #corona

Rabu, 02 Desember 2020 16:39

Jubir Covid-19 Riau: Kami Sadar Ada Kejenuhan Masyarakat

#corona #covid-19

Rabu, 02 Desember 2020 15:30

Biaya Investasi di Indonesia Mahal

#investasi #biayainvestasi

Rabu, 02 Desember 2020 15:15

Kisah Nek Mitun yang Harus Tetap Bekerja di Usia Senja

#act #kemanusiaan #ekonomi

Rabu, 02 Desember 2020 14:30

Fojuri Gelar Diskusi Virtual ‘Tantangan Industri Asuransi di Masa Pandemi’

#asuransi #indrustrikeuangan #ojk

Rabu, 02 Desember 2020 14:19

Tekanan Ekonomi, Masyarakat akan Memilih Karena Uang?

#PILKADA

Rabu, 02 Desember 2020 13:45

4.000 Lebih Orang di Pekanbaru Positif HIV/AIDS

#haiv/aids #riau #pekanbaru