Soal Pemudik Gelap, Dishub Riau Klaim Sudah Tambah Pesonel di Jalan Tikus

Rabu, 27 Mei 2020 05:37
Soal Pemudik Gelap, Dishub Riau Klaim Sudah Tambah Pesonel di Jalan Tikus
Posko cek poin di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, M. Taufiq OH mengklaim pihaknya telah melakukan penambahan personel di beberapa jalan tikus yang melintas perbatasan antar provinsi di Riau.

Langkah ini dilakukan menyusul banyaknya pemudik gelap yang menerobos wilayah perbatasan menjelang Lebaran Idul Fitri lalu. “Sekarang sudah ada personel di jalan-jalan tikus itu,” kata Taufik, Rabu, 27 Mei 2020.

Advertisement

Dia menambahkan memang ada banyak modus yang dilakukan oleh pemudik gelap untuk mengelabui petugas. Pengetatan pengawasan di wilayah perbatasan memang dilakukan menyusul diberlakukannya PSBB provinsi di Riau dalam upaya menekan angka kasus COVID-19 di provinsi ini.

Namun seringkali saat bertugas di lapangan, jelas Taufiq, antara petugas dan pemudik gelap kucing-kucingan. Bahkan keberadaan mereka bisa tidak terdeteksi.

Baca: Gubri: Sekarang Bantuan Sekecil Apapun Kami Terima

“Belakangan petugas di Posko Check Point sudah mengetahui modus-modus itu. Ada mobil plat hitam tidak ada penumpang tapi dia bawa barang-barang. Kami menduga penumpangnya sengaja dilansir melalui sepeda motor atau berjalan kaki di perbatasa, sehingga petugas mengira kalau itu warga setempat,” jelasnya. (bpc3)