Sejumlah Sungai di Pekanbaru Dinormalisasi

Sabtu, 17 Juli 2021 12:01

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sejumlah sungai di Pekanbaru akan dilakukan normalisasi untuk mengatasi masalah banjir yang kerap melanda Ibu Kota Provinsi Riau itu, saat hujan deras mengguyur.

Anak – anak sungai yang menjadi target normalisasi, yakni anak sungai terhubung langsung dengan Sungai Sail. “Selama ini yang sering meluap itu memang Sungai Sail sehingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Pekanbaru,” kata Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

Dalam catatan instansi ini, Sungai Sail selama ini telah memberikan kontribusi besar terhadap banjir di Pekanbaru, terutama di wilayah Selatan Pekanbaru. Tercatat hampir 30% banjir yang terjadi di wilayah itu, diakibatkan meluapnya air dari Sungai Sail.

Dia menambahkan, proyek normalisasi sungai – sungai kecil ini akan bekerjasama dengan Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS). Normalisasi juga akan dilakukan untuk Sungai Sail sendiri.

Baca: Supaya Zona Hijau, Menkes Sebut Banyak Daerah Kurangi Tes Swab

BACA JUGA:  Vaksin Habis, Pemko Pekanbaru Minta Lagi ke Pusat

Pemko Pekanbaru berharap dengan normalisasi sejumlah sungai ini mampu mengatasi persoalan banjir yang selama ini kerap dikeluhkan warga. 

Pada 29 April lalu, Dinas PUPR Pekanbaru dan BWSS melakukan survei di Sungai Sail. Dari hasil survei, BWSS sudah menentukan lokasi yang akan dinormalisasi dengan alat berat. (bpc2)