Ruang Isolasi di RS Eka Hospital dan Arifin Achmad Penuh

Selasa, 01 September 2020 09:33
Ruang Isolasi di RS Eka Hospital dan Arifin Achmad Penuh
RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Akibat lonjakan kasus Covid-19 di Riau, setidaknya dua rumah sakit besar di Riau saat ini mengalaminya over kapasitas. 

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, kepada media, di Posko Penanganan Covid-19 Riau Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin, 31 Agustus 2020.

Advertisement

Dia mengatakan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Arifin Achmad penuh, termasuk ruang isolasi di Rumah Sakit Eka Hospital. “Sedang ruang isolasi di RS Awal Bross, saat ini hampir penuh, akibat lonjakan kasus Covid-19 di Riau,” katanya.

Sedangkan total jumlah ruang isolasi khusus pasien Covid-19 di Riau berjumlah 710. Saat ini sudah terpakai sekitar 400 ruang, dan hanya tersisa sekira 310 ruang isolasi.

Baca: Rencana RoRo Dumai-Malaka Tak Terpengaruh COVID-19

Dijelaskan, jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Riau terus menanjak, maka tak menutup kemungkinan ketersediaan ruang isolasi juga akan berkurang.

“Masalah ini, sudah ditegaska Pak Syamsuar ke pemerintah kabupaten/kota. Setidaknya dalam waktu dekat bisa dipikirkan untuk penambahan fasilitas kesehatan di daerah masing-masing,” sambungnya.

Baca: Kepmenkes Terbaru Dianggap Melemahkan Metode Penanganan Covid-19 di Riau.

Pada Minggu, 30 Agustus 2020 total jumlah kasus terkofirmasi sebanyak 135 kasus. Sedangkan Senin, 31 Agustus 2020 total ada 107 kasus terkofirmasi. Dari jumlah ini, diperkiralan rata-rata angka kasus pada Semtember bertahan pada angka 100 per hari. (bpc2)