Riau Terima 550 Ekor Suplai Sapi Kurban dari NTT

Senin, 27 Juli 2020 10:29
Riau Terima 550 Ekor Suplai Sapi Kurban dari NTT

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau menyatakan sudah menerima sebanyak 550 ekor suplai sapi kurban dari NTT. Sapi-sapi itu tiba di Pelabuhan Dumai Pada 24 Juli 2020 lalu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Rahmat Setyawan mengatakan ratusan sapi tersebut berjenis sapi Bali. Sapi ini sengaja didatangkan untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di Riau pada Idul Adha 1441 H / 2020 M.

Advertisement

“Sapi dibawa dengan tol laut itu sudah sampai di Dumai pada Sabtu akhir pekan lalu. Durasi pengiriman sapi ini sesuai dengan perkiraan awal kami,” ungkapnya, Senin, 27 Juli 2020.

Sapi tersebut didatangkan berkat kerjasama Seknas Badan Usaha Milik Petani (BUMP), Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI, Pemprov Riau, Kementerian terkait, Pemprov NTT dan Kemenhub. Proses pengangkutan sapi ke Riau merupakan bagian dari percobaan tol laut. Sebelumnya sapi-sapi untuk kebutuhan kurban didatangkan melalui jalur darat.

Baca: Masyarakat Diminta Tidak Takbiran Keliling

“Perbandingan waktunya, kalau lewat jalur darat sekitar 14 hari. Sedangkan melalui tol lain hanya memakan waktu 8 hari,” sebutnya.

Dia menambahkan, sapi-sapi itu dititipkan di salah satu kandang salah seorang peternak sapi di Duri. Sapi ini nantinya juga akan mendapatkan pemantanauan terhadap kondisi kesehatan secara berkala. (bpc2)