Respon Syamsuar Soal Penggunaan Masker, Penyuluhan Dianggap Masih Terlalu Lemah

Selasa, 18 Agustus 2020 10:35
Respon Syamsuar Soal Penggunaan Masker, Penyuluhan Dianggap Masih Terlalu Lemah

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Warga masih alakadarnya menggunakan masker. Mungkin juga hanya karena mereka takut di razia. Pemahaman masyarakat terhadap pentingnya masker dalam mencegah penularan virus corona (Covid-19) masih dianggap sangat minim.

Salah satu faktor penyebab lemahnya penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat mengenai hal ini. Dia menyadari, yang dilakukan hanya himbauan. Padahal situasi sudah sangat urgen, begitu respon Gubernur Riau Syamsuar.

Advertisement

“Edukasi masyarakat menggunakan masker sangat penting. Agar apa yang mereka pakai (masker) bukan hanya sekedarnya saja, tapi memang untuk pencegahan penularan corona,” katanya.

Pemerintah daerah di Riau telah menyiapkan 5 juta masker — hasil kerjasama dengan swasta dan BUMN/BMUD. Masker ini akan dibagikan secara gratis dengan harapan semua orang di provinsi ini memakainya saat mereka beraktivitas ataupun berada di luar rumah.

Baca: Berlaku Mulai Hari Ini, RS Prima Berlakukan Larangan Jenguk Pasien

Syamsuar percaya dengan memakai masker setidaknya 70% mengurangi risiko penularan virus corona, kepada diri sendiri ataupun kepada orang lain. Sementara itu, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 semakin menanjak setiap harinya.

Grafik penularan seolah bertolak belakang dengan apa yang dialami Riau pada Maret-Juni lalu. Di lain sisi, tingkat kecemasan warga justru semakin menurun. Tak ada lagi yang peduli, bahwa beberapa daerah di Riau kembali ke zona merah.

“Jadi ini penting dilakukan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat dan pentingnya menggunakan masker. Karena banyak masyarakat yang punya masker di rumah tapi tidak tau apa manfaatnya,” ujarnya.

Syamsuar menegaskan, dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. “Bahkan dengan menggunakan masker tidak hanya melindungi diri kita saja, tapi juga keluarga kita dan masyarakat luas,” ucapnya. (bpc2)