Polisi di Pekanbaru Hentikan Kendaraan untuk Hormati Detik Proklamasi

Senin, 17 Agustus 2020 14:36
Polisi di Pekanbaru Hentikan Kendaraan untuk Hormati Detik Proklamasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Seorang polisi beranjak ke tengah jalan dan menghentikan seluruh kendaraan yang akan melintasi jalan raya, di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru, 17 Agutsus 2020.

Polisi ini sengaja menghentikan kendaraan tersebut agar menghormati detik-detik proklamasi kemerdekaan yang dibacakan pada pukul 10.15 WIB.

Advertisement

Menguti Antara Riau, ada 64 personel polisi yang diturunkan di kawasan untuk melakukan kegiatan tersebut. Hal ini bermaksud mengajak masyarakat agar samahsama menghormati detik-detik proklamasi.

Seluruh kendaraan diminta berdiam sejenak ditandai dengan sirine, selama sekitar 3 menit. Kapolsek Tampan, Kompol Hotmartua Ambarita, mengungkapkan langkah ini merupakan tindak lanjut imbauan Pemerintah Kota Pekanbaru, yang meminta agar seluruh aktivitas kendaraan di jalan-jalan protokol dihentikan sementara saat detik-detik proklamasi.

Baca: Kadishub Riau: Larangan Mudik untuk Daerah PSBB

“Kami dari kepolisan bersama-sama dengan TNI dan Dinas Kebakaran Kota Pekanbaru membuat kegiatan itu agar lebih dipahami masyarakat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, cara lain untuk mengingatkan masyarakat, yakni dengan nemepatkan polisi berseragam dinas atau berpakaian pejuang. Termasuklah dengan membunyikan sirine dari kendaraan pada detik-detik proklamasi.

Ambarita mengatakan, pihaknya juga menyiapkan jalur evakuasi untuk mengantisipasi adanya kendaraan darurat yang melintas.

“Jalur ini dikhususkan bagi kendaraan yang sedang dalam keadaan emergency atau darurat. Misalnya ada kendaraan yang membawa orang sakit maka bisa melalui jalur alternatif tersebut,” jelasnya. (bpc2)