HUT RI-75, SBY: Krisis Ekonimi Akan Berlalu Kalau Terus Bersatu

Senin, 17 Agustus 2020 10:57
HUT RI-75, SBY: Krisis Ekonimi Akan Berlalu Kalau Terus Bersatu

BERTUAHPOS.COM — mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meyakini krisis kesehatan dan krisis ekonomi yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini, bisa diatasi jika seluruh bangsa terus bersatu.

Pandangan ini diutarakan SBY dalam sebuah video yang diunggah oleh akun sekretariat presiden dalam rangka memperingati HUT RI ke 75, Senin, 17 Agustus 2020.

Advertisement

“Dewasa ini negara kita sedang hadapi ujian sejarah, kita hadapi krisis kembar, pertama krisis pandemi corona, kedua krisis ekonomi. Oleh karena itu kita harus tetap bersatu,” ujarnya melalui video tersebut.

Menurutnya dalam menghadapi situasi covit-19 yang paling penting adalah persatuan dan kesatuan bangsa. Fungsi pemerintah membimbing memimpin dan menolong rakyatnya. Sementara fungsi dari rakyat mendukung penuh setiap kebijakan pemerintah dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa.

Baca: Minyak Sawit Indonesia Belum Bebas dari ‘Jajahan’ Eropa

“Dengan pertolongan Tuhan, dengan kerja keras kita, Insya Allah, masa masa yang berat ini akan kita lalui,” ujar dia.

SBY mengutarakan, dalam pandangannya Indonesia saat ini sudah masuk dalam urutan negara terbesar di Asia tenggara. Termasuk dalam ukuran kapasitas ekonomi, Indonesia juga masuk 20 negara terbesar di dunia sebagai anggota G-20

Tugas negara, adalah membawa Indonesai menjadi negara maju, damai, adil dan makmur. “Cita-cita kita menjadi negara yang kuat dan maju di abad ini bukan hanya angan-angan kosong,” ujar SBY. SBY juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersyukur di Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI. (bpc2)