Petugas di Posko Check Point Wajib Ketat Awasi Protokol Kesehatan di Masyarakat

Sabtu, 30 Mei 2020 11:30
Petugas di Posko Check Point Wajib Ketat Awasi Protokol Kesehatan di Masyarakat

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Petugas di Posko Check Point perbatasan setiap daerah di Riau diminta untuk tegas kepada masyarakat yang tak patuh pada protokol kesehatan COVID-19. Walaupun kini Riau tidak lagi memberlakukan PSBB, sedangkan new normal masih dalam tahapan perencanaan.

“Walaupun kita sudah tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lagi, tetap pertahankan masyarakat untuk menggunakan masker,” kata Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau Syahrial Abdi saat melakukan peninjauan di empat Posko Check Point di tiga kabupaten/kota, diantaranya Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Bengkalis. 

Dia menambahkan, masyarakat perlu menyadari bahwa penghentian PSBB bukan berarti sebuah kebebasan beru yang diberikan kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Sikap waspada dan mawas diri tetap harus ada untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Kata Syahrial, PSBB dan new normal pada prinsipnya sama, mendorong masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan walau aktivitas ekonomi, sosial-budaya dan lainnya, telah dibuka. Sikap waspada masyarakat harusnya lebih tinggi saat new normal diberlakukan. 

Baca: Sedikit Lagi Tanjungpinang Zona Hijau COVID-19

Dalam peninjauan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, M Taufiq OH, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Riau, Zainal.

Diketahui, saat ini kasus positif Covid-19 di Riau total sebanyak 117 kasus terkonfirmasi. Diantaranya, 27 pasien masih dirawat, 84 pasien telah pulang dan sembuh, serta 6 orang meninggal dunia. (bpc3)